expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 07 Januari 2013

7 Cara Mengurangi Stres Saat Kehamilan





Kebanyakan wanita akan mengalami stres di masa kehamilannya. Karena saat hamil, hormon akan berubah, yang dapat menyebabkan suasana hati juga berubah. Perubahan suasana hati dapat membuat lebih sulit untuk menangani stres. Ketidaknyamanan kehamilan, seperti mual, sembelit, gampang lelah atau sakit punggung adalah penyebab utama stres pada wanita hamil. Berikut cara-cara mengurangi stres bagi wanita yang sedang hamil.
    

1. Yoga


Selain mengurangi kecemasan dan stres, yoga juga dapat memperbaiki sirkulasi darah dan meminimalkan masalah retensi air dan edema. Ini juga berhasil mengusir racun dari tubuh dan memperbaiki pencernaan. Yoga adalah cara yang aman untuk memperkuat otot-otot dan sendi selama kehamilan.

2. Berjalan Kaki


Berjalan adalah salah satu latihan terbaik selama kehamilan. Berjalan membantu meningkatkan volume sirkulasi darah anda serta mencegah varises terutama jika anda biasanya duduk sepanjang hari. Wanita yang hamil muda, harus mulai perlahan-lahan. Cobalah berjalan selama 10-15 menit. Dan ketika kehamilan anda memasuki 38 minggu, berjalan dengan mengayunkan lengan (melenggang), dapat meringankan kepala bayi anda ke posisi panggul anda.

3. Rileks


Posisi terbaik bagi wanita hamil adalah berbaring di sisi kiri. Hal ini memberikan kesempatan yang baik untuk darah mengalir ke rahim. Berbaringlah di sofa atau tempat tidur di sore atau malam hari sambil menonton tv atau membaca. Tapi relaksasi terbaik adalah, membiarkan pikiran anda mengembara, atau berbaring diam dan merasakan bayi anda bergerak di dalam anda.

4. Kurangi Gula dan Kafein


Selama kehamilan, gula cepat diserap ke dalam darah anda dan untuk mengatur gula ini, tubuh anda membutuhkan jumlah yang lebih besar dari insulin yang dilepaskan oleh pankreas anda. Jika anda makan dalam jumlah berlebihan, pankreas anda akan memiliki waktu yang sulit menjaga. Jika pankreas anda jatuh pendek dari tugasnya, maka kadar gula darah anda tetap tinggi.

Bila anda mengonsumsi kafein, begitu pula bayi anda. Bahkan jumlah kecil dapat mempengaruhi tidur bayi anda dan tingkat aktivitas di dalam rahim. Bayi anda belum bisa mengembangkan mekanisme yang diperlukan untuk memecah kafein. Asupan kafein telah dikaitkan dengan cacat lahir, berat badan lahir rendah dan keguguran. Kafein membuat anda tetap terjaga di malam hari, sehingga dapat memicu stres.

5. Curhat

Curhat akan meredakan cukup banyak stres. Curhatkan tentang segala sesuatunya kepada suami anda. Jangan menyimpan sendiri kegembiraan dan kesedihan anda. Jika suami sedang bekerja, pergilah menemui ibu, sahabat atau saudara perempuan anda, kemudian curhatkan semua yang anda rasakan kepada mereka. Hal itu akan membantu meringankan beban pikiran anda.

6. Tidur


Tidur sangatlah penting untuk mengurangi stress. Tapi kebanyakan wanita hamil mengalami kesulitan tidur. Alasan pertama dan paling mendesak di balik masalah tidur selama kehamilan adalah peningkatan ukuran janin, yang dapat membuat anda sulit untuk menemukan posisi tidur yang nyaman. Jika Anda tidak dapat menemukan solusi, berbicaralah dengan dokter atau bidan anda tentang beberapa solusi untuk tidur.
Ada tips dari http://www.webmd.com supaya anda bisa tidur nyenyak di masa kehamilan.
  • Tambahan bantal: Bantal bisa digunakan untuk mendukung kedua perut dan punggung. Sebuah bantal di antara kaki dapat membantu mendukung punggung bawah dan membuat tidur di sisi anda lebih mudah 
  • Nutrisi: Minum segelas susu hangat bisa membantu membawa pada tidur.
  • Teknik relaksasi: relaksasi dapat membantu menenangkan pikiran dan mengendurkan otot Anda. Teknik-teknik ini termasuk peregangan, yoga, pijat, dan pernapasan dalam.
  • Latihan: Olahraga teratur selama kehamilan meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Olahraga juga dapat membantu anda tidur lebih dalam. Namun, olahraga berat dalam waktu empat jam sebelum tidur sebaiknya dihindari.
 
7. Pijat


Sakit punggung adalah salah satu efek samping yang umum dari kehamilan. Untungnya saat ini banyak jasa yang menawarkan pijat prenatal (pijat selama kehamilan), yang dapat membantu anda meringankan ketegangan otot. Manfaat pijat prenatal adalah membantu mengurangi edema atau bengkak. Pijat kaki dapat membantu mengurangi kram kaki dan pembengkakan di kaki, pemijatan juga bisa mengurangi kecemasan selama kehamilan.

Sangat penting mencari seorang profesional berkualitas yang menawarkan pijat selama kehamilan. Sebelum mendaftar untuk pijat, mungkin sebaiknya anda berkonsultasi dulu dengan dokter atau bidan anda untuk memeriksakan kondisi anda saat itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (251) Life (215) Info (206) Kesehatan (123) Tips (120) Islam (115) animal (100) hewan (97) Wanita (72) hewan kucing (72) kucing (71) foto (60) Fakta (55) Personality (52) Kepribadian (51) Love & Life (37) Manfaat (34) Sifat (33) Hiburan (32) Misteri (28) Cat (27) Lucu (25) Pria (25) Food (24) Beauty (22) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Kisah (16) Relationship (16) Cinta (15) Hantu (14) photograph (14) Jin (13) Wisata (13) Coffee (11) Kecantikan (11) Mitos (10) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Film (7) Puasa (7) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Ilustrasi (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Phobia (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)