expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Kamis, 20 Maret 2014

Plus Minus Makanan Pedas





Siapa bilang makan makanan pedas tak ada manfaatnya? Hampir semua orang menyukai cita rasa yang satu ini. Asal tak berlebihan, makan makanan pedas juga bisa memberi efek positif lho terhadap kesehatan Anda.

Dikutip dari Times of India, berikut 5 manfaat sehat konsumsi makanan pedas:

1. Menurunkan berat badan

Ini pasti merupakan manfaat yang paling disukai oleh mereka yang memiliki berat badan berlebih. Ya, dikatakan konsumsi makanan pedas juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara mengikis timbunan lemak dalam tubuh. Sesuai penelitian, cabai memiliki capsaicin, sebuah senyawa yang memberikan efek thermogenik dan membuat tubuh membakar kalori lebih banyak.

2. Mencegah kanker

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa capsaicin dalam cabai juga memiliki kemampuan untuk membunuh beberapa sel kanker. Selain itu, cabai juga dapat membantu memerangi pilek, mencegah stroke dan obesitas.

3. Menjaga kesehatan jantung
 
Cabai dan sensasi pedasnya dikenal juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah pada seseorang. Cabai mampu menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara mengurangi efek perusak kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Capsaicin memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan, yang merupakan faktor utama dalam masalah jantung.

4. Menurunkan tekanan darah
Sebuah studi telah menunjukkan bahwa senyawa dalam cabai memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Konsumsi makanan pedas juga diyakini dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih santai dan rileks.

5. Mengurangi emosi dan kemarahan
Konsumsi makanan pedas diyakini dapat meningkatkan produksi serotonin. Hormon serotonin ini sendiri dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang. Oleh sebab itu, konsumsi makanan pedas, cukup dianjurkan bagi mereka yang mengalami depresi.

Namun, ada juga efek negatif dari terlalu banyak memakan makanan pedas. antara lain:

1. Gastritis
Gastritis adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada lambung. Biasanya gastritis atau yang biasa disebut dengan maag ini disebabkan karena bakteri, tetapi terlalu banyak makan cabai juga bisa menjadi salah satu penyebabnya karena makanan pedas dipercaya dapat menurunkan kemampuan lapisan pelindung lambung. Lapisan ini berfungsi melindungi lambung dari asam lambung.

2. Refluks asam lambung
Salah satu yang tidak dibolehkan pada orang yang memiliki penyakit refluks asam lambung adalah mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas. Refluks asam lambung kronis dapat menimbulkan berbagai komplikasi seperti kanker esophagus, pneumonia dan gigi rusak karena asam lambung.

3. Insomnia
Kebanyakan kita tidak tahu bahwa selain kafein ternyata makanan pedas juga bisa menimbulkan kesulitan tidur. Ini terjadi karena setelah memakan makanan pedas maka suhu tubuh akan naik (itu sebabnya kita berkeringat setelah memakannya), sementara tubuh perlu melambatkan metabolisme sebelum tidur. Supaya lebih mudah tidur, hindari makanan pedas mendekati jam tidur.

4. Menurunnya kepekaan lidah
Semakin lama orang terbiasa mengkonsumsi makanan yang pedas maka kepekaan lidahnya menurun. Bagi orang lain satu sendok sambal sudah sangat pedas tetapi bagi orang yang terbiasa makan hanya sedikit merasakan pedas. Ini tidak hanya berlaku pada rasa pedas saja tetapi juga berpengaruh terhadap pengecapan rasa lainnya seperti manis, asin, asam dan pahit. Menurunnya indera pengecapan ini tidak jauh berbeda pada berkurangnya pendengaran orang berada dilingkungan bising, keduanya mempunyai akibat yang permanen.

5. Sakit perut dan diare
Ini akibat iritasi pada organ pencernaan karena makanan pedas. Meskipun sifatnya akut dan tidak persisten tetapi ini merupakan suatu tanda bahwa kita sudah kelebihan makanan pedas.

6. Sariawan
Terlalu sering makan makanan yang pedas, maka anda rentan terkena sariawan apa lagi ditambah pola hidup anda yang kurang sehat sehingga rentan sekali terkena penyakit ini. Dan hal yang terparahnya ialah sariawan akan berlanjut ke kayap/ruam yang akan tumbuh disekitar bibir dan mulut sehingga mengganggu kenikmatan makan anda.

7. Masalah kulit/Jerawat

Terlalu banyak mengkonsumsi cabai apa lagi yang di goreng akan membuat kulit anda menjadi berminyak dan banyak timbunan lemak yang tertahan di kulit khususnya kulit wajah. Sehingga orang yang suka makan sambal terkadang dapat kita temui wajahnya berjerawat. Untuk itu jika anda memang seseorang yang doyan dengan sambal maka kontrol lah pola makan anda agar anda tetap sehat.
Nah, bagi anda pencinta makanan pedas. Sudah saatnya untuk memperhatikan pola makan anda. Usahakan tidak terlalu banyak makan pedas karena akan berdampak negatif bagi kesehatan. Namun tidak ada salahnya makan makanan yang pedas asalkan terkontrol.



Sumber:
http://health.detik.com
http://tipskesehatan.web.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)