expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 14 November 2016

7 Alasan Mengapa Menyendiri Dapat Menjadikan Kita Pribadi yang Lebih Baik





Beberapa orang berpikir jika menyendiri itu adalah hal yang tidak baik. Mereka berasumsi bahwa orang yang penyendiri itu adalah mereka yang anti-sosial, minder, kesepian atau apapun sebutan orang lain yang melihat penyendiri dengan situasi tersebut.

Tapi sebenarnya, menyendiri berarti menikmati kesendirian dan itu bukanlah hal yang tidak baik. Untuk mereka yang mengerti mengapa dan bagaimana kesendirian itu berlangsung, semuanya akan muncul dengan mendapatkan makna sejati mengapa seseorang tersebut memilih sendirian.

Sekali kita ingin mengetahui dan mempelajari arti dari "menyendiri", kita akan tumbuh menjadi orang yang berkualitas dan mampu menemukan jati diri sendiri.

Berikut adalah 7 alasan mengapa menyendiri menjadikan kita pribadi yang jauh lebih baik. 

1. Kita lebih banyak waktu istirahat


Saat dikelilingi banyak orang, begitu banyak energi yang terkuras. Sebagai contoh, saat kita berada di tempat kerja, mau tidak mau kita harus selalu bersosialisasi dengan banyak orang baik yang kita sukai atau yang tidak kita sukai kita harus membuat orang lain senang, tertawa, bahkan kita harus berada pada situasi dimana kita harus menenangkan orang yang sedang marah. Bandingkan dengan saat weekend. Begitu berbeda atmosfernya, bukan? Itu karena momen menyendiri membuat kita menjadi lebih relax dan lebih banyak waktu untuk mengistirahatkan badan, pikiran serta mental. 

2. Kita akan lebih sering introspeksi diri


Tidak banyak orang yang dalam kesehariannya duduk sendiri, merenungi kesalahan dan kekurangan apa yang telah dilakukan dirinya dalam hidupnya. Kebanyakan dari kita hanya bisa menyalahkan orang lain. Jarang sekali ada orang yang menyalahkan, mengritik apalagi memperbaiki diri sendiri. Dengan meluangkan waktu untuk menyendiri, kita akan lebih sering introspeksi diri. Karena kita tidak mungkin punya kesempatan itu jika dalam keadaan bersama orang lain.

3. Kita akan lebih mengenali emosi kita


Berada di sekitar banyak orang membuat emosi kita campur aduk. Emosi senang, emosi marah, emosi terkejut, emosi bingung, dst. Berbeda pada saat kita menyendiri, kita lebih bisa mengenali emosi kita cenderung ke arah positif atau negatif. Dengan menyendiri, kita juga bisa mengatur emosi kita agar lebih seimbang.

4. Kita akan dapat melakukan sesuatu yang sebenarnya paling kita nikmati


Apa yang ingin kita lakukan, terkadang adalah hal yang tidak ingin dilakukan oleh orang lain. Begitu juga sebaliknya. Lain jika kita sedang menyendiri, apapun yang ingin kita lakukan, sebatas itu hal yang baik dan tidak merugikan orang lain, bisa bebas kita lakukan. Sendirian. Dengan tenang. Kita akan lebih menikmati hal yang kita inginkan tersebut tanpa ada gangguan atau keluhan dari orang lain. 

5. Kita menjadi orang yang produktif


Berada di antara orang-orang, apalagi yang sudah kita kenal memang hal yang menyenangkan dan menghibur. Tapi hal itu justru membuat produktifitas kita menurun. Menyendiri saat pekerjaan menumpuk adalah waktu yang paling produktif dalam hidup manusia. Karena disaat sendiri, gangguan dan pengalih perhatian menjadi berkurang dan kita dapat terus fokus untuk menyelesaikan pekerjaan.

6. Kita akan lebih bisa menikmati sebuah hubungan


Dengan pasangan, dengan orangtua, dengan sahabat, dengan kerabat, bahkan dengan hewan peliharaan sekalipun, kita akan lebih bisa menikmati suatu hubungan dekat tersebut. Hal ini disebabkan disaat kita sendiri, kita akan lebih menghargai diri kita sendiri. Dan itu juga berdampak bahwa kita menghargai semua hal menyenangkan yang datang dari hubungan kita dengan orang-orang tersebut.

7. Kita akan merasa lebih independen


Disaat menikmati momen kesendirian kita, tentu kita akan belajar menjadi lebih percaya diri dengan kemampuan kita untuk bertanggung jawab pada diri sendiri. Kita tidak lagi bergantung kepada orang lain. Dan secara natural hal ini akan membuat penampilan kita jauh lebih menarik dibanding mereka yang cenderung suka bergerombol dengan teman-temannya. Kita akan menjadi jauh lebih independen.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (251) Life (215) Info (206) Kesehatan (123) Tips (120) Islam (115) animal (100) hewan (97) Wanita (72) hewan kucing (72) kucing (71) foto (60) Fakta (55) Personality (52) Kepribadian (51) Love & Life (37) Manfaat (34) Sifat (33) Hiburan (32) Misteri (28) Cat (27) Lucu (25) Pria (25) Food (24) Beauty (22) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Kisah (16) Relationship (16) Cinta (15) Hantu (14) photograph (14) Jin (13) Wisata (13) Coffee (11) Kecantikan (11) Mitos (10) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Film (7) Puasa (7) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Ilustrasi (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Phobia (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)