expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 05 Desember 2016

Ini 3 Cara Allah Mengabulkan Doa Hambanya





Dengan salah satu sifat-Nya yang Maha Agung, Allah Senantiasa mengabulkan doa setiap hamba yang mau berdoa kepada-Nya. Keinginan dan harapan setiap manusia dalam meraih apa yang dikehendaki, tidak hanya dibarengi dengan usaha semata. Namun haruslah dibarengi dengan doa dan kesabaran. Selain itu, doa juga menjadi simbol permintaan restu dan perlindungan dari Allah, agar bisa diberi kemudahan dalam menjalani setiap langkah dalam menggapai sesuatu yang kita inginkan. Misalkan berdoa agar selalu diberi kesehatan, keselamatan dunia dan akhirat, atau berdoa agar selalu dilimpahkan rezeki yang berberkah.

Lantas, bagaimana cara Allah SWT untuk mengabulkan setiap doa bagi hamba-Nya tersebut? Amat mudah bagi Allah yang Maha Kuasa merestui serta mengabulkan doa baik setiap hambanya. Namun apakah setiap doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah? Jawabannya adalah, Tentu saja!

Akan tetapi, Allah memiliki 3 cara dalam mengabulkan doa bagi setiap hamba yang meminta kepada-Nya. Seperti hadits berikut ini:

Abu Sa’id Radhiallahu ‘Anhu berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Tidak ada seorang pun yang berdoa dengan sebuah doa yang tidak ada dosa di dalamnya dan memutuskan silaturrahim, melainkan Allah akan mengabulkan salah satu dari tiga perkara, [1] Baik dengan disegerakan baginya (pengabulan doanya) di dunia atau, [2] Dengan disimpan baginya (pengabulan doanya) di akhirat, atau [3] Dengan dijauhkan dari keburukan semisalnya”. (HR. Ahmad dengan sanad Jayyid)

Dari hadits di atas, bisa disimpulkan ada tiga cara Allah SWT dalam mengabulkan doa setiap hambanya. 

1. Allah langsung mengabulkan doa hambanya 
Ketika kita berdoa kepada Allah, maka Allah SWT bisa mengabulkan doa kita secara kontan. Misalnya kita berdoa agar diberikan rezeki yang halal dan berberkah hari ini, maka bisa jadi melalui perantara Allah, seperti orangtua, suami, istri, teman, kerabat, tetangga, dll, rezeki pun akan datang menghampiri kita. Rezeki tidak hanya berupa uang, tetapi bisa berbentuk makanan, bantuan, kebaikan, dll. Inilah cara Allah yang pertama dalam mengabulkan doa kita. Dengan pengabulan doa yang langsung ini, Allah berharap agar kita bisa lebih meningkatkan iman dan takwa kita.

2. Allah menunda mengabulkan doa hambanya
Ini artinya Allah menunda doa yang kita panjatkan sampai batas waktu yang dikehendaki-Nya. Dimana doa kita ini akan dikabulkan asalkan kita mau bersabar. Allah menyukai hamba yang bersabar dalam hal apapun. Misalnya kita menginginkan sesuatu yang sangat kita butuhkan seperti pekerjaan, tempat tinggal, kendaraan dan kebutuhan lainnya. Jika saat ini belum dikabulkan, maka bersabarlah dan jangan putus berdoa kepada Allah. Itu semua pasti akan dikabulkan oleh Allah, cuma bukan sekaranglah waktu yang tepat. Allah menyukai hamba yang gigih dalam berdoa. Yakinlah bahwa Allah akan mengabulkannya di lain waktu. Dengan menunda doa kita ini, Allah ingin menguji seberapa besar kesabaran hambanya. Semakin besar kesabaran yang kita miliki, semakin Allah mencintai kita. Oleh karena itu, janganlah putus untuk selalu memanjatkan doa hanya kepada Allah SWT.

3. Allah mengganti doa kita dengan yang lebih baik
Allah Maha Kuasa, itu artinya Allah bisa dengan mudahnya mengabulkan semua permintaan hamba-hambanya. Tapi, apakah doa dan pinta kita itu berdampak baik bagi kita? Itulah yang tidak kita pikirkan. Tetapi Allah memikirkan hal itu. Itulah hebatnya Allah, Allah begitu mencintai dan peduli terhadap kita. Seandainya doa dan pinta kita tersebut berdampak buruk kedepannya bagi kita, maka Allah bukan tidak mengabulkan doa kita, melainkan Allah akan mengganti doa kita dengan sesuatu hal yang jauh lebih baik, dan berdampak baik pula bagi kita tentunya. 

Karena bisa jadi sesuatu yang kita sukai belum tentu baik bagi kita, dan sebaliknya, bisa jadi sesuatu yang kita benci, malah itulah yang terbaik bagi kita menurut Allah. Berdoa dan bertakwa kepada Allah itu ibarat sebuah tameng dari Allah untuk perlindungan diri kita. Tetaplah berdoa, berusaha serta bersabar dalam menjalani hidup ini. Semoga Allah senantiasa melindungi kita serta memberikan jalan yang terbaik untuk kita semua. Aamiin yaa Rabbal 'alamin.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (251) Life (215) Info (206) Kesehatan (123) Tips (120) Islam (115) animal (100) hewan (97) Wanita (72) hewan kucing (72) kucing (71) foto (60) Fakta (55) Personality (52) Kepribadian (51) Love & Life (37) Manfaat (34) Sifat (33) Hiburan (32) Misteri (28) Cat (27) Lucu (25) Pria (25) Food (24) Beauty (22) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Kisah (16) Relationship (16) Cinta (15) Hantu (14) photograph (14) Jin (13) Wisata (13) Coffee (11) Kecantikan (11) Mitos (10) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Film (7) Puasa (7) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Ilustrasi (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Phobia (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)