expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 10 Oktober 2014

15 Cara Menambah Berat Badan Secara Efektif





Tubuh yang terlalu kurus mungkin terlihat kurang menarik. Maka dari itu, perlu cara untuk membuat badan terlihat lebih berisi tapi tetap sehat. Menambah berat badan dapat dimulai dengan mencukupi kebutuhan kalori dalam tubuh dalam jumlah yang lebih dari kebutuhan biasanya. Berikut tips menambah berat badan supaya tubuh terlihat lebih ideal. 

1. Tingkatkan porsi makan atau makan lebih sering

Cara yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk menambah berat badan. Dengan meningkatkan porsi makan, maka tubuh akan mendapatkan lebih banyak asupan untuk membentuk tubuh yang berisi. Makan lebih sering juga akan membantu dalam menambah berat badan Anda, misal sebelumnya Anda hanya makan 2-3 kali sehari saja dalam porsi yang kecil, maka Anda bisa meningkatkan menjadi 4-5 kali dalam porsi yang sedang.

2. Perbanyak minum air putih

Hal ini mungkin dianggap sepele bagi sebagian orang. Banyak orang yang tidak mementingkan minum air putih, mereka malah lebih memilih untuk memperbanyak minum minuman yang bersoda. Padahal mengonsumsi minuman bersoda secara tidak langsung akan dapat merusak tubuh dikarenakan terdapat kandungan zat kimia yang membahayakan tubuh. Mulai dari sekarang, biasakanlah untuk mengawali hari dengan minum air putih, terutama pada saat bangun tidur di pagi hari atau sebelum melakukan aktivitas. Semakin banyak mengonsumsi air putih maka tubuh akan semakin sehat dan pada akhirnya proses pencernaan dalam tubuh pun membaik sehingga dapat lebih menyerap gizi makanan secara sempurna. Tetapi janganlah terlalu berlebihan dalam mengonsumsi air putih.

3. Perbanyak mengonsumsi karbohidrat
karbohidrat adalah sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Berbagai makanan yang mengandung karbohidrat, seperti: Nasi merah, kentang rebus, ubi, singkong, roti gandum, dan oatmeal.

4. Mencukupi kebutuhan protein
Protein berfungsi untuk pertumbuhan sel, fungsi immune, produksi hormon, dan membantu menjaga berat badan tetap seimbang

Original Sources : http://newslifestyle4u.blogspot.com/2013/10/manfaat-dan-kegunaan-protein-bagi-tubuh.html
Dilindungi oleh Copyscape Plagiarism Checker - Jangan menyalin konten dari halaman ini atau blog Anda akan kami adukan ke Google DMCA!
Protein berfungsi untuk pertumbuhan sel, fungsi immune, produksi hormon, dan membantu menjaga berat badan tetap seimbang.

Original Sources : http://newslifestyle4u.blogspot.com/2013/10/manfaat-dan-kegunaan-protein-bagi-tubuh.html
Dilindungi oleh Copyscape Plagiarism Checker - Jangan menyalin konten dari halaman ini atau blog Anda akan kami adukan ke Google DMCA!
Protein berfungsi untuk pertumbuhan sel, fungsi immune, produksi hormon, dan membantu menjaga berat badan tetap seimbang.

Original Sources : http://newslifestyle4u.blogspot.com/2013/10/manfaat-dan-kegunaan-protein-bagi-tubuh.html
Dilindungi oleh Copyscape Plagiarism Checker - Jangan menyalin konten dari halaman ini atau blog Anda akan kami adukan ke Google DMCA!
Protein berfungsi untuk pertumbuhan sel, fungsi immune, produksi hormon, dan membantu menjaga berat badan tetap seimbang. Sumber protein yang sehat dapat berasal dari daging sapi, ayam, ikan, telur dan susu.

5. Mengunyah makanan sampai halus
Mengunyah makanan sampai halus mungkin terlihat sepele. Tapi Saat mengunyah makanan, air liur akan memecah partikel makanan dan melembutkannya. Hal ini membuat mudah makanan untuk masuk ke sistem pencernaan.

6. Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral
Vitamin dan Mineral merupakan dua hal yang sering kita dengar. Mineral adalah kelompok mikronutrien bagi tubuh. Artinya, zat gizi ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk mendukung proses tumbuh dan kembangnya tubuh kita. Sumber vitamin dan mineral adalah: Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dll.

7. Mencukupi kebutuhan lemak
Sumber lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda, omega-3, dan omega-6. Sumber lemak omega-3 dapat diperoleh dari ikan dan kacang kenari. Sedangkan sumber lemak omega-6 dapat diperoleh dari minyak sayur seperti kelapa, minyak biji matahari, jagung.

8. Hindari minum sebelum makan
Minum air putih sebelum makan dianjurkan bagi yang sedang menjalani program diet, namun tidak dianjurkan bagi seseorang yang ingin menambah berat badannya. Minum air sebelum makan dapat membuat perut merasa kenyang terlebih dahulu sehingga porsi makanan pun berkurang karena telah terisi oleh minuman yang diminum sebelum makan tersebut.

9. Hindari begadang
Apabila berniat untuk menambah berat badan, maka diharuskan untuk menghilangkan kebiasaan begadang, kecuali ada hal yang penting yang harus dilakukan. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup pada malam hari. Pada malam hari adalah saatnya tubuh beristirahat setelah beraktivitas seharian. Dengan beristirahat pada malam hari, tubuh akan memulihkan kondisi dan memperbaiki fungsi organnya.

10. Hindari kafein
Anda harus berpikir ulang untuk mengonsumsi kafein dalam menjalankan program untuk menambah berat badan. Hal ini karena kafein yang terkandung dalam kopi bertindak sebagai penahan nafsu makan. Kandungan asam dalam kopi dapat meningkatkan asam lambung yang pada ada akhirnya meningkatkan resiko terjadinya sakit maag yang semakin dapat membuat tubuh mengalami kesulitan untuk makan.

11. Berhenti merokok

Bagi para perokok aktif, mungkin tubuh kurus disebabkan karena kebiasaan merokok. Hal ini karena rokok sama halnya dengan kafein yang membuat menjadi kurang nafsu makan dan merusak fungsi organ-organ lainnya dalam tubuh. Alangkah baiknya untuk segera menghentikan kebiasaan merokok. Selain dapat membahayakan diri sendiri, merokok juga dapat membahayakan orang-orang di sekitar bila asapnya terhirup dapat mengakibatkan asma.

12. Perbanyak camilan

Camilan juga dapat berdampak baik dalam proses penambahan berat badan, terutama bagi yang kurang memiliki nafsu makan. Camilan dapat mencukupi kebutukan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

13. Minum susu secara rutin
Biasakanlah minum susu walaupun sudah beranjak dewasa. Hal ini karena susu selain sehat juga dapat menambah berat badan. Disarankan untuk minum susu 2 kali sehari, pada pagi hari dan di malam hari sebelum tidur. Susu termasuk nutrisi penting yang harus kita konsumsi, karena termasuk kedalam kelompok makanan 4 sehat 5 sempurna.

14. Olahraga
Meskipun banyak mengonsumsi makanan yang sehat dan melakukan semua cara untuk menambah berat badan, tetapi jika jarang berolahraga, maka usaha yang telah dilakukan untuk menambah berat yang ideal pun bisa terbilang sia-sia. Semua cara menambah berat badan perlu diimbangi dengan aktivitas olahraga secara teratur. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti bersepeda ataupun push up.

15. Mengobati penyakit tertentu

Penyakit tertentu seperti: TBC, asma, diabetes, gangguan hormon tiroid, penyakit pada saluran pencernaan, kanker, dan sebagainya dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan dalam meningkatkan berat badan, bahkan pada kondisi tertentu justru badan akan semakin kurus. Oleh karena itu, perlunya koordinasi antara dokter dengan pasien untuk mengatasi penyebab penyakit yang mendasari ini sangat penting untuk dilakukan.



Sumber:
http://ayokesehatan.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)