expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 03 Agustus 2016

Sudah Benarkah Kita Menggosok Gigi? Inilah 10 Cara yang Benar Membersihkan Gigi dan Mulut






Menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur adalah kegiatan rutin sehari-hari, tujuannya untuk menghilangkan partikel makanan, dan menjaga gusi supaya bersih, membantu untuk menyingkirkan plak yang menyebabkan pembusukan, dan membuat napas menjadi segar. Sikat gigi yang tepat dan rutin dapat mencegah gusi dan karies gigi.

Hampir semua orang berpikir bahwa mereka tahu bagaimana cara untuk menyikat gigi mereka, namun pada kenyataannya, banyak orang yang tidak menyikat gigi dengan benar. Orang-orang lebih memilih produk pemutih gigi, sikat gigi dan benang tanpa benar-benar mengetahui bagaimana cara menggunakannya dengan benar. 

Berikut  sepuluh cara yang perlu diperhatikan ketika menggosok gigi :

1. Kurangi penggunaan pasta gigi yang berlebihan
Banyak sekali orang yang salah memahami bahwa dengan menggunakan banyak busa lewat pasta gigi maka akan membuat gigi lebih bersih. Sebaliknya, hal tersebut malah menyebabkan iritasi jaringan lunak mulut, jika yang anda gunakan adalah pasta gigi yang mengandung deterjen. Sebaiknya gunakan pasta gigi seukuran biji jagung saja. Alasan lain adalah jika busa saat menyikat gigi banyak akan membuat anda ingin cepat menyelesaikannya.

2. Gosok gigi 45 menit setelah mengonsumsi soda
Soda dapat membuat gigi anda rapuh jika langsung menggosoknya setelah mengonsumsinya. Sisa asam pada soda yang bercampur zat yang ada pada pasta gigi akan membuat gigi anda cukup berpotensi untuk rapuh.

3. Gosok dengan lembut
Saat menggosok gigi, gosoklah gigi anda dengan lembut. Jangan terlalu keras dan gosoklah dengan lama di arah depan terlebih dahulu. Menggosok gigi dengan keras akan menyebabkan gusi surut dan gigi menjadi sensitive.

4. Sikat satu persatu
Sikat gigi anda satu persatu dan hindari untuk menyikatnya secara keseluruhan. Saat menyikat gigi habiskanlah waktu 12-13 detik per gigi hingga gigi anda benar-benar bersih. 

5. Sikat arah vertical
Sikat gigi depan anda dengan arah vertical hingga seluruh kotoran pada sela-sela gigi anda juga ikut terangkat. 

6. Vertikal di bagian kanan dan kiri
Setelah menyikat gigi di bagian depan, maka beralihlah menyikatnya secara vertical di bagian samping kanan dan kiri anda. Pastikan seluruh bagian samping gigi anda tersikat dengan baik satu persatu.

7. Bagian dalam gigi
Setelah menyikat bagian samping kanan dan kiri, berikutnya adalah menyikat bagian dalam gigi anda. Sikat dengan baik secara merata dan bersih sebab bagian dalam gigi merupakan bagian yang banyak menyimpan sisa-sisa makanan.

8. Menyikat lidah dan langit-langit
Saat menyikat gigi, bukan hanya gigi saja yang harus anda perhatikan, namun sikatlah pula lidah anda dan juga langit-langit, sebab bakteri juga bisa bersarang di dua tempat tersebut.

9. Gunakan penyegar mulut
Penting juga bagi anda untuk menggunakan cairan penyegar mulut. Sebab dengan cairan mulut tersebut anda bisa mengurangi jumlah bakteri pada mulut anda. Mulut anda akan segar dan terhindar dari bakteri.

10.  Pilihlah sikat yang medium lembut
Saat memilih sikat gigi, pilihlah yang sikatnya tidak terlalu lembut namun juga tidak terlalu keras. Penggunaan sikat gigi yang keras akan merusak gusi. Dan usahakan untuk mengganti sikat gigi setelah pemakaian lebih dari 3 bulan supaya terhindar dari kuman dan bakteri.



Sumber:
kesehatangigi.blogspot.com
http://doktersehat.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)