expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 09 Juni 2017

5 Tips Hemat Ini Bisa Tunda Pengeluaran Selama Ramadan







Bulan Ramadan telah tiba, waktunya bagi umat muslim menjalankan ibadah puasa. Jika dihitung secara logis, pengeluaran selama bulan puasa seharusnya menurun karena pengeluaran untuk makan akan berkurang, dari yang biasanya membeli camilan, makan 3 kali sehari, menjadi hanya 2 kali dalam sehari. 

Namun apakah betul begitu? Ternyata, tidak juga. Berdasarkan pengalaman banyak orang, selama bulan puasa ini malah pengeluaran jadi melonjak dua hingga tiga kali lipat. kenapa? Hal ini dikarenakan kamu akan lebih sering melakukan aktivitas bersama teman-teman maupun keluarga selama bulan ini.

Nah, untuk kamu yang mau menjalani bulan suci ini dengan tetap berhemat, berikut tips-tips hemat selama Ramadan seperti dikutip dari cermati.com:

1. Daftar menu selama sebulan


Di bulan Ramadan ini kamu harus lebih menata menu makanan setiap harinya di saat sahur maupun berbuka. Catat pula berapa orang yang akan ikut berbuka nanti. Cantumkan bahan apa saja yang dibutuhkan dan berapa banyak jumlah yang dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk memudahkan kamu dalam menghitung estimasi pengeluaran kamu selama sebulan. Jadi tidak akan menjadi mubazir nantinya.

2. Belanja keperluan untuk sebulan


Harga bahan pokok makanan selama bulan Ramadan diprediksikan akan terus meningkat. Hal ini sudah menjadi lumrah, walaupun terkadang tidak wajar. Kenaikan harga ini akan berdampak besar pada membengkaknya pengeluaran bulanan kamu. Tetapi bagaimanapun kamu akan tetap membutuhkan bahan pokok makanan tersebut.

Supaya bisa berhemat kamu harus belanja bahan pokok makanan yang bisa tahan lama untuk jangka waktu satu bulan ke depan, sehingga kamu tidak perlu membeli barang tersebut ketika harganya dalam posisi mahal nantinya. Selain hemat, aktivitas belanjamu juga jadi efektif.

3. Batasi buka bersama


Saat bulan puasa, kamu akan sering menerima ajakan untuk buka bersama atau lebih dikenal dengan BukBer. Entah itu bersama teman kerja, keluarga, atau bahkan teman reuni. Hal ini boleh saja dilakukan karena merupakan bagian dari silaturahim. Namun jangan sampai keseringan melakukan buka puasa di luar. Karena harga bahan makanan yang meningkat membuat harga makanan di restoran juga ikut naik. Dan bisa dipastikan pengeluaranmu bakal membengkak.

4. Bawa bekal


Ketika pekerjaanmu memaksa kamu untuk bekerja lembur sehingga kamu tidak bisa berbuka puasa di rumah, bawalah bekal dari rumah. Membawa bekal akan membuat kamu tidak pergi buka puasa di restoran atau tempat makan lainnya.

5. Bikin kue sendiri


Harga bahan makanan yang naik sering menjadi alasan bagi penjual kue lebaran untuk melipat gandakan harga jual kuenya. Tentu saja kamu sebagai konsumen akan sangat dirugikan, karena untuk harga satu bungkus kue saja kamu harus membayar harga bahan pokok yang meningkat ditambah dengan keuntungan dari penjual.

Jadi mengapa kamu tidak membuatnya sendiri saja? Jadi kamu hanya perlu membayar harga bahan pokoknya saja. Lebih hemat bukan?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)