expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sabtu, 19 Oktober 2013

Tips Menghindari Aksi Pencopetan


Kasus kriminal yang sering terjadi membuat kekhawatiran tersendiri bagi penngguna jalan. Terlebih lagi kasus tersebut sering ditampilkan di layar kaca. Kasus yang sering terjadi adalah kasus pencopetan, baik di jalan raya maupun di dalam transportasi umum. Untuk menjaga keamanan barang-barang yang dibawa, kita harus tetap waspada di setiap kondisi atau jalan yang dilalui.

Kasus pencopetan terjadi dikarenakan ada kesempatan, sehingga membuat banyak orang kehilangan harta benda mereka. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa tips di bawah ini untuk menghindari pencopetan, diantaranya :

1. Kenali Ciri-Ciri Pencopet

Untuk menghindari pencopetan, kita harus bisa bersikap waspada terhadap keadaan di sekitar kita. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengenali ciri-ciri pencopet. Para pencopet biasanya terdiri dari dua orang yang kadang bisa naik transportasi secara bersama-sama atau dengan memisahkan jaraknya tetapi tidak terlalu jauh. Dari segi penampilan, kita juga bisa menilainya misalnya pencopet sering memakai tas besar yang tidak ada isinya. Ditambah lagi, penampilan mereka yang rapi seperti memakai kemeja, sepatu juga topi.

2. Gerak-Gerik Mencurigakan

Sewaktu Anda menaiki transportasi umum, Anda harus waspada terhadap keadaan di sekitar Anda. Pencopet dapat dikenali melalui gerak-gerik yang mencurigakan. Biasanya mereka akan sering memperhatikan si korban mulai dari atas hingga bawah yakni kaki. Hal ini untuk menentukan apakah si korban membawa harta benda yang banyak. Ditambah lagi, ketika mereka akan beraksi mereka akan melihat di sekelilingnya apakah dalam kondisi aman atau belum.

3. Taruh Uang Di Kantong

Usahakan bagi Anda untuk tidak sering membuka tas atau dompet di tempat umum. Hal itu dikarenakan akan dapat memancing tindak kejahatan. Jika Anda ingin pergi menggunakan transportasi umum atau membeli sesuatu, sisakan beberapa uang yang cukup untuk transportasi atau pada saat membeli sesuatu. Sehingga, hal tersebut akan meminimalisir tindak kejahatan. Atau Anda bisa menaruh beberapa uang lembar di beberapa kantong baju atau celana Anda. Dengan begitu, apabila Anda kehilangan uang Anda, Anda masih mempunyai cadangan uang di kantong Anda yang lain.

4. Jangan Melamun dan Tertidur

Apabila Anda sering pergi kerja pada pagi hari dengan menggunakan transportasi umum, usahakan untuk tidak melamun dan tidak tertidur. Karena dengan Anda tertidur, maka dapat memancing tindak pencopetan dan Anda bisa kehilangan barang-barang berharga Anda. Anda harus tetap menjaga perhatian dan kewaspadaan di sekeliling Anda, karena dengan melamun tingkat kewaspadaan akan berkurang dan dapat mengakibatkan kehilangan benda berharga.

5. Posisikan Tas di Depan

Tas memang selalu menjadi incaran bagi para pencopet, karena di dalamnya terdapat berbagai macam benda berharga. Oleh karena itu, pada saat Anda bepergian dengan menggunakan tas punggung atau tas tangan, usahakan untuk selalu menaruh tas di depan. Jangan pernah menaruh tas di belakang tanpa ada pengawasan Anda atau seseorang yang menemani Anda. Tas harus ada dalam penjagaan Anda di setiap waktu.


Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari aksi pencopetan. Kewaspadaan menjadi kunci utama untuk menghindarinya. Usahakan untuk menaruh tas di bawah pengawasan Anda dan usahakan juga untuk tidak melamun atau tertidur di dalam transportasi umum. Jadi, Anda harus tetap meningkatkan kewaspadaan dan perhatian Anda pada sesuatu yang mencurigakan juga untuk menjaga barang-barang Anda dari aksi kriminal.


Sumber: http://perempuan.com
Foto: google.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)