expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 23 Juni 2015

5 Makanan/Minuman yang Baik Untuk Berbuka Puasa






Setelah berpuasa hampir selama 13 jam, maka disaat berbuka puasa rasanya ingin menyantap berbagai macam makanan lezat yang menggugah selera. Malah terkadang kita hanya sekedar "lapar mata" ketika melihat makanan enak yang belum tentu baik untuk tubuh kita.

Dilansir dari jpost.com jika kita mengonsumsi makanan yang berat seperti langsung memakan nasi atau gorengan malah akan membuat perut kita sakit. Jika kita tidak menjaga makanan/minuman yang akan dikonsumsi saat berbuka puasa, kita bisa saja terserang penyakit maag, sakit kepala atau bahkan tubuh akan menjadi tambah lemas karena terlalu banyak asupan gula yang malah membuat kita tidak bisa melaksanakan ibadah sholat wajib dan tarawih.

Menurut jpost.com, saat berbuka puasa kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan serta minuman dibawah ini agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Apa sajakah itu? Berikut informasinya.

1. Air Putih
10% suplai air dalam tubuh kita menurun ketika kita berpuasa. Itu adalah tanda dari dehidrasi yang akan menyebabkan kesulitan berkonsentrasi, sakit kepala, dan lelah. Maka sangat dianjurkan sekali langsung meminum air putih saat berbuka puasa, agar oksigen dalam tubuh kita kembali normal. Pastikan meminum 1-2 gelas terlebih dahulu sebelum menyantap makanan lainnya.

2. Buah

Biasanya buah menjadi santapan penutup setelah makan besar. Namun, lain halnya saat berbuka puasa. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, anggur dan melon, atau kurma yang sudah mengandung pemanis alami agar tubuh berenergi. Hindari buah-buahan yang asam, seperti jeruk, nanas atau belimbing. Karena kandungan asamnya tidak baik dicerna lambung.

3. Sayur Sop

Ada baiknya kita makan sayur sop saat berbuka puasa, karena sayur sop mengandung energi, protein serta karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh setelah sekian jam tubuh kita tidak menerima asupan apapun.

4. Kentang
Kentang mengandung karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ini baik untuk pengganti nasi putih. Nasi putih juga mengandung karbohidrat, tapi nasi putih juga mengandung gula yang dapat menaikkan gula darah anda. Jika anda penderita diabetes, maka kadar gula dalam darah anda akan naik dengan cepat. Maka sebaiknya anda memilih kentang yang juga mengandung beta-karoten, vitamin C dan potassium yang baik untuk tubuh.

5. Telur
Selain sangat mudah untuk dipersiapkan, mengonsumsi telur adalah cara termudah untuk mengisi kembali protein dalam tubuh. Karena 1 butir telur mengandung 6 gram protein tinggi, serta 9 kandungan asam amino. Jika bosan dengan rasa telur rebus atau telur mata sapi, anda bisa membuat scramble egg yang juga praktis untuk dimasak.


1 komentar:

  1. puasa enaknya minum es,.. hilang haus, tapi jangan banyak banyak biar ndak radang tenggorokan, kalo udah habis puasa bisa liburan ke lombok, ada lebaran ketupat setelah 6 hari syawal, Kalo ke Lombok emang paling enak snorkeling di gili trawangan, apalagi kalo bisa sampai mencoba snorkeling di pantai pink lombok, banyak ikan dan koralnya masih perawan.. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl necklace price dari Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    BalasHapus

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)