expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 16 Januari 2017

Jangan Minum Air Putih Jika Anda Dalam Kondisi Berikut






Hampir semua pakar kesehatan menyarankan kita untuk banyak-banyak mengonsumsi air putih setiap hari. Setidaknya, kita membutuhkan 8 gelas air putih untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan membuat racun bisa dikeluarkan dari tubuh. Uniknya, ada beberapa kondisi tubuh yang justru sebaiknya membuat orang tidak mengonsumsi air putih terlebih dahulu. Apa sajakah kondisi tubuh tersebut?

Makan dan minum. Kedua kata tersebut seakan-akan telah menjadi sebuah kesatuan yang tidak lagi bisa dipisahkan. Sayangnya, banyak orang yang berpikir bahwa kita bisa makan dan minum sekaligus dalam satu waktu. Saat kita masih memakan makanan, khususnya makanan berat layaknya nasi ternyata sebaiknya tidak disela dengan meminum air di tengah-tengah proses makan, karena bisa membuat proses pencernaan terganggu. Saat makanan memasuki lambung, lambung akan segera mengeluarkan hormon yang memperlancar saluran pencernaan, dan air minum yang kita minum tentu akan mengganggu hormon tersebut bekerja sesuai fungsinya.

Saat kita berolahraga, ada baiknya kita tidak langsung mengonsumsi air putih karena ternyata hal ini kurang baik bagi tubuh. Beberapa orang berkata bahwa tubuh dan kerongkongan terasa tidak enak setelah meminum air putih saat berolahraga. Hal ini terjadi karena suhu tubuh yang cenderung naik saat berolahraga ternyata kurang cocok jika ditambah dengan asupan air putih. Tubuh pun akan cenderung berada dalam kondisi cairan berlebihan dan dalam beberapa kasus bisa memicu kematian.

Penderita penyakit ginjal ternyata juga bisa mengalami kondisi dimana air putih justru akan membuat penyakit ginjal menjadi lebih parah. Ginjal yang sudah berada dalam kondisi sakit tentu akan tidak bisa menyerap dan mengeluarkan cairan kotor sehingga jika diberi air putih secara berlebihan maka kondisi tubuh pun akan berbahaya.

Dalam kondisi normal, kita tentu harus meminum air putih dengan cukup setiap harinya. Beberapa pakar kesehatan bahkan berkata jika kita meminum air putih lebih dari jumlah minimal, maka tubuh pun akan menjadi lebih sehat. Hanya saja, kita juga memastikan bahwa kita meminum air putih tidak dengan kondisi tubuh di atas, agar tubuh kita tetap sehat tanpa ada masalah yang berarti.


Lalu Bagaimana dan Kapan Meminum Air Putih yang Benar? 

1. Minumlah air putih dalam keadaan duduk, jangan berdiri apalagi jongkok.

2. Membaca Bismillah terlebih dahulu.

3. Saat bangun pagi, sebelum sikat gigi dan makan pagi.

4. Ketika akan berangkat kerja/kuliah/sekolah atau ketika akan melaksanakan kegiatan rutin sehari-hari.

5. Sekitar pukul 11.00 setelah beraktivitas.

6. Sekitar pukul 13.00 atau 30 menit sebelum atau satu jam setelah makan siang.

7. Antara pukul 14.00 dan 17.00 atau saat menjelang sore.

8. Pukul 18.00 atau sejam sebelum menyantap makan malam.

9. pukul 20.00 atau beberapa saat sebelum tidur.



Sumber:
http://doktersehat.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (251) Life (215) Info (206) Kesehatan (123) Tips (120) Islam (115) animal (100) hewan (97) Wanita (72) hewan kucing (72) kucing (71) foto (60) Fakta (55) Personality (52) Kepribadian (51) Love & Life (37) Manfaat (34) Sifat (33) Hiburan (32) Misteri (28) Cat (27) Lucu (25) Pria (25) Food (24) Beauty (22) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Kisah (16) Relationship (16) Cinta (15) Hantu (14) photograph (14) Jin (13) Wisata (13) Coffee (11) Kecantikan (11) Mitos (10) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Film (7) Puasa (7) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Ilustrasi (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Phobia (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)