expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 15 Mei 2013

Menu Sarapan Sehat Bagi Penderita Diabetes





Menderita diabetes terkadang menjadi salah satu alasan untuk membatasi menu makanan, terutama menu makanan dengan kandungan gula dan kalori yang tinggi. Hal ini memang disarankan, mengingat peningkatan kadar gula pada pasien diabetes biasa berdampak pada tingkat kronis penyakitnya. Oleh karena tingginya kebutuhan penderita diabetes atas menu makanan sehat bagi mereka, banyak ahli gizi yang membuatkan konsep menu sarapan sehat bagi penderita diabetes.

Sarapan adalah salah satu waktu makan yang harus tetap diatur oleh penderita diabetes. Selain hal ini menunjang aktivitas keseharian, sarapan yang baik juga berdampak pada produktivitas kerja. Menu sarapan bagi penderita diabetes sebaiknya diatur sedemikian rupa, sehingga tidak mengandung banyak gula dan lemak jenuh. Menu sarapan sehat bagi penderita diabetes pada dasarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan orang sehat, hanya saja pengaturan kadar gula dan porsi yang perlu diperhatikan. 

Roti Gandum, Kenapa Tidak?


Roti sebagai menu sarapan sudah pasti digemari. Selain simpel, rasa rotipun enak dan mengenyangkan. Sayangnya, banyak penderita diabetes khawatir untuk mengkonsumsi roti, karena kadar kalorinya. Beberapa ahli gizi menyarankan untuk menghindari roti yang terbuat dari tepung putih, sebagai menu sarapan sehat bagi penderita diabetes. Sebaliknya sangat disarankan mengkonsumsi roti dari tepung gandum. Jika kebanyakan orang mengkonsumsi roti dengan teh atau kopi susu, sebaiknya hal ini tidak dilakukan oleh penderita diabetes.

Jika roti gandum terasa hambar, maka bisa diolah sedemikian rupa sehingga terasa nikmat disantap. Paduan roti gandum dan tuna rebus yang ditambah saus kacang bisa dijadikan menu khusus sarapan sehat bagi penderita diabetes. Memilih roti dengan kandungan serat yang tinggi adalah baik bagi penderita diabetes.  Roti  gandum dan selai kacang mengandung 45-60 g karbohidrat, dimana nilai ini sudah sesuai untuk menu sarapan sehat bagi penderita diabetes.

Oat, Menu Sarapan Sehat Bagi Penderita Diabetes yang Mengenyangkan


Kurang kenyang makan roti, mungkin oat bisa dijadikan alternatif menu sarapan sehat bagi penderita diabetes. Keunggulannya adalah oat mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium inilah yang dibutuhkan untuk mengatur kadar insulin dan glukosa.

Beberapa penelitian pernah dilakukan, dimana dihasilkan kesimpulan bahwa diantara wanita yang mengkonsumsi sereal ataupun oat selama delapan tahun, dapat mengurangi resiko terjadinya diabetes sebesar 31%.

Untuk menjadikan oat nikmat disantap sebagai sarapan sehat bagi penderita diabetes, jangan lupa menambahkan susu  ke dalamnya, dan yang terbaik pastinya adalah susu dengan kadar lemak yang rendah.

Putih Telur yang rendah kalori dan rendah lemak


Dalam putih telur terdapat protein, vitamin A dan vitamin D. Disamping asupan rendah kalori, konsumsi makanan bervitamin tidak boleh dilupakan oleh penderita diabetes.

Keunggulan menikmati telur sebagai menu sarapan sehat bagi penderita diabetes adalah, kemampuan telur untuk membuat tubuh merasa kenyang dalam waktu yang panjang. Hal ini membantu penderita diabetes untuk mengurangi konsumsi camilan yang tidak sehat dan tinggi kalori. Hanya saja, jika penderita diabetes juga memiliki masalah dengan kolesterol, ada baiknya tidak mengkonsumsi kuning telur, untuk menghindari resiko peningkatan kolesterol.



sumber:
http://www.manjur.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)