expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 09 Januari 2015

Kurang Tidur? Ini Bahayanya...







Tidur adalah aktivitas alamiah dari kehidupan kita, disamping makan dan mendapatkan rileks atau istirahat. Tidur akan membuat anda merasa lebih baik, tidak hanya sekedar untuk meningkatkan suasana hati atau mencegah lingkaran hitam di bawah mata.

Sementara itu hormon-hormon tertentu bisa bekerja hanya ketika kita tidur pulas di malam hari, termasuk hormon pertumbuhan atau HGH. Karena begitu pentingya tidur bagi tubuh kita, maka kita perlu memastikan tidur kita sudah cukup setiap malam agar bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Para peneliti dari Universitas Manchester menemukan bahwa orang yang kurang tidur dan suka tidur larut malam sering berpikiran negatif dan merasa cemas daripada mereka yang tidur secara teratur. Nah, tidur lebih awal ternyata dapat menekan kecemasan tersebut.

Menggunakan smartphone di kamar tidur juga dapat menggangu jam tidur Anda. Para peneliti mengatakan bahwa sebaiknya Anda tidur dalam ruangan yang gelap untuk menghasilkan tingkat yang tepat dari hormon yang terlibat dalam mengatur konversi makanan dan minuman menjadi energi.

Tapi, banyak diantara kita yang mengabaikan aktivitas tidur ini. Ini dapat dibuktikan, seringkali kita masih terjaga di malam hari seperti menonton tv sampai larut malam, mengobrol dengan teman hingga malam hari, dll. Kurang tidur di malam hari sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Berikut ini bahaya akibat dari kurang tidur :

1. Menyebabkan Kematian
Studi penelitian di Inggris menunjukkan bahwa orang yang memiliki pola tidur yang tidak teratur atau jadwal yang tidak memungkinkan untuk istirahat yang cukup secara teratur memiliki tingkat kematian lebih tinggi daripada mereka yang cukup tidur secara teratur. Terutama, pasien yang menderita kurang tidur tampaknya memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

2. Kelelahan Menyebabkan Kecelakaan

Kecelakaan serius sangat sering dikaitkan dengan jadwal tidur yang buruk dan kelelahan. Penelitian telah mengklaim bahwa mengemudi sambil menderita kurang tidur sama berbahayanya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk karena waktu reaksi Anda sama-sama dipengaruhi oleh kedua kegiatan. Orang di bawah 25 tahun yang paling terpengaruh oleh fenomena ini.

Selain kecelakaan di jalan, kurang tidur juga dapat menyebabkan tingginya risiko kecelakaan di tempat kerja atau di rumah. Tidak tidur cukup telah dikaitkan dengan peningkatan yang signifikan dalam kecelakaan kerja berulang serta peningkatan jumlah hari sakit.

3. Menyebabkan berbagai Masalah Kesehatan
Risiko mengembangkan beberapa penyakit kronis meningkat ketika orang kurang tidur. Diperkirakan bahwa 90 persen orang yang menderita insomnia juga menderita penyakit yang dapat mengancam kehidupan. Beberapa penyakit kronis yang paling umum yang meningkat dengan kurang tidur antara lain:
  • Diabetes
  • Stroke
  • Penyakit jantung
  • Gagal jantung
  • Serangan jantung
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Darah tinggi

4. Penyebab Depresi
Kurangnya tidur secara signifikan meningkatkan gejala depresi. Dalam sebuah jajak pendapat 2005, orang-orang yang menderita kecemasan atau depresi diminta untuk menghitung kebiasaan tidur mereka. Hal itu terungkap bahwa sebagian besar pasien tidur kurang dari enam jam pada malam harinya. Insomnia sering dikaitkan dengan depresi. Gejala depresi juga dapat mempengaruhi kemampuan pasien untuk tertidur.

5. Mengganggu Proses Pembelajaran

Tidur sangat penting untuk proses kognitif yang berkaitan dengan pembelajaran. Kurangnya tidur membawa turun kewaspadaan dan rentang perhatian yang membuatnya lebih mudah untuk menerima informasi. Kurangnya perhatian juga membatasi kemampuan seseorang untuk berpikir dan memecahkan masalah secara efektif, yang berarti bahwa orang-orang yang lelah tidak bisa belajar pada tingkat yang efektif.

Keterampilan yang telah dipelajari pada siang hari diubah menjadi ingatan pada malam hari. Bahkan jika Anda berhasil mempelajari sejumlah besar di siang hari, Anda tidak akan mampu mengingat jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur yang memungkinkan tubuh Anda menyimpan pengetahuan ini di daerah jangka panjang dalam otak.

6. Mengganggu Keputusan
Bila Anda tidak mendapatkan cukup tidur dapat membatasi kemampuan Anda untuk secara akurat menginterpretasikan peristiwa, yang dapat membuat sulit untuk bereaksi terhadap situasi yang Anda alami yaitu pengambilan keputusan yang efisien. Mereka yang tidak mendapatkan cukup tidur cenderung membuat penilaian yang buruk.

7. Kulit Menjadi Rusak
Hanya kurang tidur satu malam saja dapat menyebabkan mata bengkak dan kulit pucat. Jika seseorang terus mengembangkan jadwal konstan yang mempromosikan kurang tidur, kerusakan ini dapat menjadi permanen. Lingkaran hitam di bawah mata dan kerutan halus di wajah bisa menjadi permanen.

Elastisitas kulit juga bisa menjadi rusak dari waktu ke waktu ketika seseorang tidak mendapatkan cukup tidur. Kelelahan kronis menyebabkan stres yang berlebihan yang menyebabkan tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon kortisol, yang memecah protein dalam kulit yang membuat elastis dan halus.

8. Memicu obesitas

Sebuah jadwal tidur yang teratur dapat membantu tubuh Anda mengontrol nafsu makan. Hal ini karena memperpendek jadwal tidur dapat meningkatkan produksi hormon ghrelin yang merangsang rasa lapar dan menurunkan produksi leptin yang menekan nafsu makan. Terjaga di malam hari dapat meningkatkan kemungkinan bahwa Anda akan makan berlebihan, yang dapat menyebabkan obesitas dari waktu ke waktu. Studi telah menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur di malam harinya lebih cenderung menjadi gemuk daripada mereka yang mendapatkan kualitas tidur yang baik.

9. Menurunkan Libido
Pria dan wanita yang menderita kurang tidur memiliki libido yang lebih rendah dan kurang minat dalam melakukan hubungan seks. Kurangnya tidur menyebabkan seseorang memiliki sedikit energi dan ketegangan dalam tubuh yang menghambat keinginan untuk melakukan hubungan seksual. Pria yang menderita sleep apnea juga cenderung memiliki kadar testosteron yang lebih rendah yang dapat menurunkan libido.

10. Kelelahan Menyebabkan Mudah lupa
Peristiwa otak yang dikenal sebagai "sharp wave ripples" digunakan untuk membantu mengkonsolidasikan memori dan membuat hal-hal yang telah Anda pelajari mudah untuk diakses dan diingat. Peristiwa otak ini juga mentransfer informasi jangka pendek ke neokorteks dan hipokampus di mana mereka dapat menjadi pengetahuan jangka panjang. Transferensi ini terjadi pada tingkat terkuat selama bagian terdalam dari siklus tidur. Dan mengurangi jumlah tidur nyenyak bisa merugikan memori jangka panjang yang dapat menyebabkan kelupaan berlebihan.



Sumber: 
http://www.jpnn.com
http://www.md-health.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)