expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 20 Maret 2017

10 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan






Mandi air dingin idealnya dilakukan pada pagi hari, siang, atau maksimal pukul 14.00 sore hari. Yang jelas jangan mandi air dingin pada malam hari, karena dikatakan bisa menyusutkan syaraf, dan justru buruk bagi kesehatan. Alternatif mandi pada malam hari tentunya adalah mengunakan air hangat, namun hal ini juga tak boleh keseringan juga, karena rutin mandi air hangat bisa menimbulkan efek merugikan kesehatan tertentu.

Manfaat mandi air dingin diantaranya, menguatkan sistem kekebalan, meningkatkan sirkulasi darah, mengatur suhu tubuh, penurunan berat badan, meminimalkan depresi, meringankan gerakan diusus, membuka paru-paru, kesehatan kulit, dan meningkatkan produksi hormon. Sayangnya dengan semakin maju terobosan teknologi, kini pemanas air semakin murah dan rata-rata setiap keluarga memilikinya – jadi, mandi air dingin semakin jarang dilakukan oleh orang.

Pagi hari adalah saat dimana suhu udara dan air masih dingin-dinginnya, sehingga banyak orang menjadi malas mandi air dingin pada pagi hari dan memilih air hangat. Padahal pada pagi hari air masih mengandung banyak oksigen dan ozon. Maka dari itu, mandi air dingin di pagi hari menjadi sangat baik dan banyak manfaatnya bagi kesehatan (dengan asumsi tubuh dalam keadaan sehat). Berikut 10 manfaat mandi air dingin (terutama di pagi hari) bagi Kesehatan tubuh:

1. Menambah kekuatan sistem kekebalan tubuh 
Paparan air dingin dapat memperkuat kekebalan tubuh, karena hal ini akan meningkatkan kadar sel darah putih dan tingkat metabolisme – yang bisa mengurangi kemungkinan flu, dan bahkan beberapa jenis kanker.

2 Meningkatkan sirkulasi darah 
Mandi air dingin bisa meningkatkan sirkulasi darah, sehingga pada akhirnya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk jantung dan membantu mencegah hipertensi, pengerasan arteri, dan mencegah varises.

3. Mengatur suhu tubuh 
Mandi air dingin juga bisa  membantu mengatur suhu tubuh, yang bermanfaat untuk mengaktifkan sistem penyembuhan pada tubuh.

4. Merangsang penurunan berat badan 
Lemak ada dalam bentuk yang berbeda-beda. Mandi air dingin akan mendorong produksi energi pembakaran lemak coklat (sebagai lawan dari lemak putih), dan bisa mempercepat proses metabolisme tubuh Anda.

5. Meminimalkan depresi 
Selain merangsang pembakaran lemak tubuh, mandi air dingin juga bisa merangsang otak mengeluarkan noradrenalin, yang bisa meminimalkan depresi.

6. Meningkatkan gerakan limfatik 
Sistem limfatik berperan penting untuk mengeluarkan limbah dan mengangkut sel darah putih untuk melawan infeksi, yaitu sebuah proses yang bergantung pada kontraksi otot. Mandi air dingin akan mendorong terjadinya kontraksi itu dan membantu sistem limfatik .

7. Memperdalam pernafasan 
Mandi dengan air dingin bermanfaat juga untuk membuka paru-paru, sehingga bisa mengambil nafas yang dalam. Dengan demikian akan memungkinkan bagi tubuh untuk mengambil lebih banyak oksigen, dan mencegah kelelahan.

8. Menjaga kesehatan kulit dan rambut 
Air panas bisa membuat rambut dan kuku menjadi kering. Tapi air dingin justru bisa membantu mengencangkan pori-pori, mendorong detoksifikasi(membuat kulit cerah), dan kutikula (yang membuat rambut sehat dan kuat).

9. Meningkatkan energi dan pikiran 
Siapa pun yang pernah mandi air dingin pasti tahu, bahwa betapa itu sangat menyegarkan. Mandi air hangat memang nyaman, tapi pilihlah air dingin jika Anda benar-benar ingin bisa membangkitkan energi dan pikiran.

10. Meningkatkan produksi hormon 
Jika Anda sedang mencoba untuk hamil, suruhlah pasangan Anda untuk mulai mandi air dingin. Paparan air panas sering bisa mengurangi jumlah sp*rma. Mandi air hangat bahkan digunakan sebagai kontrasepsi pada tahun 1950 an, meskipun ini tidak begitu populer.



Sumber:
http://www.carakhasiatmanfaat.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)