expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 29 Mei 2017

10 Kombinasi Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa







Berbuka puasa setelah seharian berpuasa terkadang membuat orang kalap memakan menu apa saja. Tidak jarang sesaat setelah berbuka, perut terasa sakit karena tidak cocok dengan jenis makanan tertentu.

Berikut 10 kombinasi makanan yang dapat mengganggu sistem pencernaan anda. Arabian Business melansir ada 10 kombinasi makanan tertentu yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa. 

1. Kombinasi buah
Saat berbuka bersama tidak jarang ditemui buah sebagai pencuci mulut setelah berbuka puasa. Meski memiliki zat gizi yang baik untuk tubuh, namun buah bisa mengganggu sistem pencernaan anda.

Saat kandungan gula pada makanan sedang dalam proses dicerna, namun karena campuran protein dan lemak akan menetap dalam waktu lama dapat menyebabkan proses fermentasi lebih lama dan perut akan terasa sakit. 

2. Kurma dengan susu
Meski keduanya diketahui baik untuk tubuh, namun paduan kurma dan susu justru dapat menjadi racun yang mempengaruhi sistem penceraan.

Jika anda penggemar paduan kurma dan susu, ada baiknya memastikan kurma telah dalam kondisi sangat matang. Sekedar tips, untuk memadukan kurma dan susu baiknya tambahkan sedikit kapulaga dan pala untuk merangsang pencernaan.

3. Seafood dengan daging
Bukan hanya saat berbuka puasa, menggabungkan daging dengan makanan laut memang tidak baik dilakukan dalam satu kali makan. Sebagai aturan umum, tubuh manusia hanya membutuhkan satu protein yang terkonsentrasi per makanan.

Jika ada lebih dari satu protein, maka dapat menyebabkan komplikasi gastrotenstinal, terutama dalam jangka panjang.

4. Keju dengan kacang-kacangan
Sama halnya dengan menggabungkan daging dengan makanan laut, kombinasi keju dengan kacang-kacangan juga bukan ide yang baik. Perpaduan kacang-kacangan dengan keju membuat perut bekerja ekstra keras setidaknya dalam waktu delapan jam sehingga bisa berpengaruh pada suasana hati anda.

Dibanding digabungkan dengan keju, ada baiknya mengombinasikan kacang-kacangan dengan buah karena menghindari adanya dua kekuatan asupan gizi dalam sekali makan

5. Susu dengan jeruk
Rasa asam pada jeruk berpadu dengan susu yang kental bukanlah ide baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Paduan keduanya akan membentuk sebuat zat lendir dalam tubuh hingga menimbulkan rasa mual, peradangan kronis, dan bau mulut. 

6. Makanan kaya sodium
Kadar garam berlebih terutama bagi anda yang dalam tahap diet dapat memicu tekanan darah tinggi, batu ginjal, sakit kepala, otot jantung membesar, dan gagal jantung.

Sedangkan efek jangka panjang dapat dirasakan langsung di hari berikutnya anda berpuasa. Retensi akumulasi cairan membuat perut terasa kembung, mudah haus, hingga rasa lapar yang timbul lebih cepat. 

7. Es krim
Paduan krim, telur, dan gula akan sulit untuk dicerna dalam kondisi apapun, terlebih dalam kondisi dingin dapat memicu masalah baru dan menghambat sistem pencernaan. Alternatif yang lebih baik yakni jus buah apel yang dicampur dengan kayu manis, kapulaga, dan pala. 

8. Pizza saus tomat
Rasa asam tomat tidak disarankan untuk dicampur dengan karbohidrat berupa tepung. Sejumlah penelitian tidak menganjurkan penggabungan karbohidrat dan asam termasuk yang berasal dari saus atau pasta terutama saat kondisi perut kosong.

Pasta atau pizza yang dipanggang dengan sayuran atau samosa dengan bayam sebagai gantinya. Untuk membantu mengatasi sakit perut dan peningkatan gas ada baiknya menambahkan bunga rosemary, kayu manis, dan kapulaga atau mengkonsumi minuman hangat saat berbuka puasa

9. Madu panas
Madu memang baik untuk kesehatan, namun fungsinya akan berbeda jika sudah dipanaskan. Ada baiknya hindari memanaskan madu karena kandungan gula bukan lagi berefek menyembuhkan dan menyehatkan tetapi berubah menjadi kandungan gula biasa.

10. Protein pati
Menggabungkan protein pati dalam satu jenis makanan akan menghambat proses pencernaan. Kedua jenis makanan membutuhkan tingkat keasaman tertentu untuk dicerna oleh tubuh.


Sebaiknya saat berbuka ada kandungan gizi yang baik. Untuk berbuka baiknya mengandung protein dari sayuran (mentah atau dimasak) untuk menghindari lonjakan insulin hingga menyebabkan rasa mudah lelah dan efek lain seperti mudah merasa lapar. 



Sumber:
https://www.dream.co.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (251) Life (215) Info (206) Kesehatan (123) Tips (120) Islam (115) animal (100) hewan (97) Wanita (72) hewan kucing (72) kucing (71) foto (60) Fakta (55) Personality (52) Kepribadian (51) Love & Life (37) Manfaat (34) Sifat (33) Hiburan (32) Misteri (28) Cat (27) Lucu (25) Pria (25) Food (24) Beauty (22) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Kisah (16) Relationship (16) Cinta (15) Hantu (14) photograph (14) Jin (13) Wisata (13) Coffee (11) Kecantikan (11) Mitos (10) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Film (7) Puasa (7) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Ilustrasi (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Phobia (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)