expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 07 Agustus 2017

Ini Cara Mengetahui Pemikiranmu Sudah Dewasa Atau Belum







Mau tahu bedanya pemikiran kekanak-kanakan dan pemikiran dewasa? Lihat yuk! Siapa tahu saja cara pemikiran kita ternyata sudah dewasa walaupun wajah masih imut-imut (^^).

Berikut penjelasan cara mengetahui pemikiranmu sudah dewasa/belum:

#1 Orang yang pemikirannya dewasa selalu berpikir panjang sebelum bertindak
Maksudnya bukan berpikir dalam waktu yang lamaa, tetapi Berpikir dengan tenang tentang hal-hal yang mungkin terjadi kemudian, sesaat setelah keputusan tersebut diambil. Orang yang berpikir dewasa selalu berprinsip 'think before act', walaupun itu dalam keadaan yang genting sekalipun.

Sebaliknya orang yang berpikir kekanak-kanakan cenderung 'act before think', bergerak tanpa dipikirkan terlebih dahulu manfaat atau resiko dari keputusannya.

#2 Orang yang pemikirannya dewasa selalu berpikir positif, bahkan untuk hal-hal yang paling buruk sekalipun
Dia selalu menganggap bahwa dibalik setiap musibah/cobaan dalam hidupnya di dunia ini sebenarnya mempunyai hikmah masing-masing. Dari kejadian paling baik sampai yang terburuk sekalipun. Dia tidak pernah menganggap sesuatu hal itu buruk sama sekali karena pada dasarnya orang seperti ini yakin bahwa Allah SWT menciptakan segala sesuatu dengan tujuan yang baik. 

Sebaliknya, orang yang kekanak-kanakan pemikirannya lebih suka berpikir negatif dalam hidupnya. Dia berpikir positif hanya jika ada hal yang sesuai dengan keinginan hatinya. Dia selalu marah-marah dan menyalahkan orang lain setiap kali ada hal yang tak berjalan sesuai dengan rencananya, tanpa melihat apakah yang dia harapkan itu benar atau salah.

#3 Orang yang pemikirannya dewasa tak pernah merasa maklum dengan kekurangan sifatnya
Dia senantiasa berusaha untuk berubah memperbaiki diri menjadi insan yang lebih baik untuk semua hal: agama, keluarga, teman, masyarakat dan kehidupannya. 

Beda dengan orang yang masih kekanakan pemikirannya, mereka justru bangga dengan kekurangannya, seperti sering mengucapkan, "sifatku memang seperti ini..." beginilah aku, apa kamu tidak tahu...", dan "bla...bla...bla...". Dari perkataan seperti itu, tampak bahwa dia sangat "bangga" dengan kekurangannya dan malas berubah menjadi orang yang lebih baik. Dan parahnya, dia sering meminta pemakluman orang lain atas segala kekurangannya, tetapi dia tak mau memaklumi kesalahan orang lain.

#4 Orang yang berpikiran dewasa jarang mengeluh
Karena dia yakin bahwa hal dikeluhkannya itu mungkin merupakan nikmat yang luar biasa bagi orang lain yang tidak lebih beruntung dari dirinya. Orang yang berpikiran dewasa menghindari mengeluh. Daripada dipergunakan untuk mengeluh, lebih baik digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Begitulah kira-kira yang ada di benak orang yang dewasa pemikirannya.

Lain lagi orang yang masih kekanakan pemikirannya, dia tak pernah mau bersyukur terhadap apa yang telah dia punya. Dia hanya bisa menuntut, menuntut, dan menuntut hal yang lebih baik bagi dirinya sendiri tanpa pernah mensyukuri apa yang telah dia peroleh.

#5 Orang yang dewasa pemikirannya akan sering menemukan kesalahan-kesalahan dalam dirinya, bahkan ketika dirinya sudah berbuat paling benar sekalipun.
Dia bisa menemukan kekurangan dalam setiap perbuatan dirinya. Dia banyak introspeksi diri, sehingga kemungkinannya kecil dia akan mengulangi kesalahan yang sama pada kemudian hari.

Tetapi orang kekanakan lebih suka menganggap dirinya paling benar, bahkan ketika dia berbuat salah sekalipun. Dia lebih suka menyalahkan orang lain ketimbang mengoreksi dirinya sendiri. Dia paling tak suka disalahkan. Merasa diri paling pintar dan benar, dan orang lain selalu salah.

#6 Untuk masalah cinta, orang yang pemikirannya dewasa akan mampu mencintai dengan tulus ikhlas
Dia mencintai tanpa mengharapkan balasan dari orang yang dicintainnya. Dia memberikan yang terbaik bagi pasangannya. Kebahagiannya adalah melihat pasangannya (suami/isteri)nya bahagia. Kesalahan dirinya dan pasangannya dijadikan pelajaran agar tak terulang lagi di kemudian hari. 

Orang yang kekanakan pemikirannya akan mencintai dengan penuh harap dan pamrih. Dia tak peduli apakah dia sudah memberi yang terbaik untuk kekasihnya atau tidak, yang terpenting adalah pasangannya harus memberi yang terbaik untuk dirinya dan harus selalu membuatnya bahagia. Kesalahan kecil pasangannya terus diungkit dan dibesar-besarkan. Dia juga mengharapkan permohonan maaf yang berlebihan dari pasangannya.



Sumber:
http://www.zeropromosi.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (251) Life (215) Info (206) Kesehatan (123) Tips (120) Islam (115) animal (100) hewan (97) Wanita (72) hewan kucing (72) kucing (71) foto (60) Fakta (55) Personality (52) Kepribadian (51) Love & Life (37) Manfaat (34) Sifat (33) Hiburan (32) Misteri (28) Cat (27) Lucu (25) Pria (25) Food (24) Beauty (22) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Kisah (16) Relationship (16) Cinta (15) Hantu (14) photograph (14) Jin (13) Wisata (13) Coffee (11) Kecantikan (11) Mitos (10) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Film (7) Puasa (7) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Ilustrasi (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Phobia (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)