expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 01 April 2016

15 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda





Munculnya uban di rambut adalah proses alami. Namun, jika rambut anda tiba-tiba beruban di usia muda, hal itu biasa disebut uban prematur dan memerlukan perhatian medis.

Ada banyak penyebab mengapa rambut anda beruban meski secara usia, anda masih tergolong muda. Beberapa diantaranya disebabkan oleh gaya hidup, seperti merokok, diet yang salah, stres dan perawatan rambut yang salah. Selain itu, uban bisa muncul karena kekurangan vitamin B12, ketidakseimbangan hormon serta menopause dini.

Ketika usia semakin bertambah, kemampuan tubuh untuk mensintesis jumlah pigmen melanin (berperan dalam memberikan warna hitam pada rambut) semakin menurun. Alhasil, rambut anda akan berwarna abu-abu atau pemutihan rambut.

Oleh sebab itu, anda harus segera menyadari penyebab tumbuhnya uban di rambut anda sehingga anda dapat melakukan pengobatan secara efektif. Berikut beberapa penyebab munculnya uban rambut di usia muda.

1. Penyakit tiroid
Salah satu penyebab munculnya uban di rambut yaitu penyakit tiroid. Tiroid yang kurang atau terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menghasilkan uban prematur. Jadi, pastikan untuk memeriksa kadar tiroid anda jika tiba-tiba muncul uban.

2. Kekurangan vitamin B12
Defisiensi B12 berhubungan erat dengan munculnya uban rambut prematur. Vitamin B12, seng dan tembaga berperan memberi makan untuk rambut. Oleh karenanya, selalu sertakan makanan yang kaya vitamin B12 dalam diet anda.

3. Genetik
Alasan lain tumbuhnya uban prematur pada rambut yaitu karena faktor genetik. Jika orang tua anda pernah mengalami kelainan ini, kemungkinan besar akan diturunkan kepada anda.

4. Vitamin C dan E
Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin C dan E, maka rambut anda akan berubah menjadi abu-abu. Kekurangan dua vitamin tersebut mereka dapat mengurangi jumlah sel-sel yang betugas menghasilkan melanin sehingga menyebabkan rambut beruban.

5. Merokok
Merokok juga merupakan salah satu faktor penyebab utama munculnya uban di usia dini. Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok. Radikal bebas tersebut nantinya akan menurunkan tingkat melanin.

6. Makanan cepat saji
Selain merokok, gaya hidup lain yang tidak menyehatkan adalah sering mengonsumsi junk food. Junk food atau makanan cepat saji dapat mempercepat penuaan rambut dengan mengurangi produksi melanin. Orang-orang yang sangat kecanduan junk food cenderung memiliki rambut beruban di usia mudanya.

7. Stres
Stres memang terbukti berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah rambut rontok dan rambut beruban prematur. Segala bentuk guncangan batin, seperti shock, sedih dan gelisah dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin.

8. Diet yang salah
Penyebab lain munculnya uban yaitu penerapan diet yang tidak seimbang. Ketika tubuh anda tidak mendapatkan suplai vitamin dan mineral yang tepat, maka fungsi tubuh anda tidak berjalan dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk rambut beruban.

9. Penggunaan hair dryer dan catok rambut secara berlebihan
Jika anda terlalu sering menggunakan hair dryer atau catok rambut, hal ini dapat membuat batang rambut anda menjadi lemah. Panas yang dihasilkan oleh alat tersebut dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan uban prematur.

10. Kondisi kulit kepala yang kotor
Kondisi kulit kepala yang kurang bersih ternyata dapat menjadi penyebab lain munculnya uban. Oleh sebab itu, cuci dan rawatlah rambut anda secara teratur.

11. Pewarnaan rambut
Sering menggunakan pewarna rambut bisa merusak rambut. Bahan kimia yang hadir di dalamnya dapat merusak sel-sel melanin.

12. Mencuci rambut dengan air sadah
Mineral dan oksidan hadir dalam air sadah menyebabkan rambut rontok, kering, kusam, tipis dan keriting. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan rambut menjadi beruban.

13. Ketidakseimbangan hormon
Perubahan hormon sangat berperan untuk menentukan kondisi kulit dan rambut. Setiap perubahan hormonal yang signifikan dalam tubuh seperti kehamilan atau penyakit tiroid dapat menyebabkan tumbuhnya uban prematur.

14. Menopause dini
Wanita yang mengalami menopause dini beresiko beruban prematur dan mungkin memerlukan penanganan medis.

15. Kekurangan asam folat
Asam folat sangat penting bagi tubuh manusia. Kekurangan vitamin ini tidak hanya memperlambat pertumbuhan rambut anda, namun juga bisa menyebabkan rambut anda berubah warna menjadi abu-abu.


Sumber:
http://www.magwuzz.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)