expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Kamis, 28 April 2016

Laptop Mati dengan Tiba-tiba? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya





Ketika sedang asyik-asyiknya bermain game di komputer/laptop atau sedang enak-enaknya menulis sesuatu, secara tiba-tiba laptop mati sendiri. Apalagi game/tulisan kita tadi belum sempat di save. Rasanya AMAZING sekali bukan ?!@#$%  (҂⌣̀_⌣́)

Jika anda mengalami kejadian seperti ini, jangan langsung membawa komputer atau laptop anda ke teknisi komputer, cari tahu dulu apa penyebabnya, lalu lakukan tindakan. Sebenarnya penyebab komputer/laptop mati secara tiba-tiba itu bisa dari software yang bermasalah atau hardware yang juga bermasalah/sudah berumur. Alasan terakhir ini yang kerap terjadi.

Berikut dicuplik dari laman pintarkomputer.com penyebab sekaligus cara mengatasi Komputer/Laptop yang tiba-tiba mati sendiri.

1. Terlalu Panas atau Overload
Suhu laptop yang terlalu panas bisa menyebabkan laptop itu mati secara tiba-tiba. Biasanya yang menyebabkan laptop menjadi panas adalah menempatkan laptop ditempat yang empuk seperti kasur, bantal, dll. Karena apabila diletakkan ditempat seperti itu sirkulasi udara menjadi buruk, udara panas sulit keluar, sehingga udara panas yang berada di dalam laptop menyebabkan hardware-hardware di dalamnya menjadi ikutan panas.

Solusi: Untuk mengatasi masalah seperti ini, anda bisa meletakkan laptop pada permukaan yang rata dan keras, sehingga sirkulasi udara tidak terganggu. Namun jika anda tidak mau beranjak dari kasur, maka gunakan papan yang keras sebagai alasnya. Namun jika laptop masih panas, gunakan colling pad supaya sirkulasi udara dapat berganti.

2. RAM Bermasalah
Jika RAM bermasalah bisa membuat RAM sulit bekerja dengan optimal. Sedangkan pekerjaan pada komputer membutuhkan kinerja dari RAM yang optimal. Pada kondisi seperti ini hardware komputer lain menjadi bekerja lebih keras sehingga komputer cepat panas. Penyebabnya bisa jadi RAM yang digunakan kotor/berdebu.
  
Solusi: Untuk mengatasi masalah seperti ini, kita bisa membersihkan debu yang menempel pada RAM dengan menggunakan penghapus pensil saja. Cukup bersihkan pada bagian kuningan RAM hingga bersih, jangan menggunakan tangan sebab dikhawatirkan tangan yang berminyak akan meninggalkan bekas. 

Jika diperlukan, kapasitas RAM bisa di upgrade sesuai dengan kebutuhan agar kinerja RAM bisa lebih optimal dan komputer bekerja lebih ringan.

3. PASTA Pada Processor Mengering
Biasanya pada komputer/laptop yang sudah berumur, pasta yang terdapat pada processor-nya sudah mengering. Ya memang kita tidak bisa mengandalkan pasta untuk selama-lamanya, ada kalanya pasta itu harus diganti.

Solusi: Beri pasta pada processor, dengan cara ambil processor dari komputer/laptop kemudian oleskan pasta secara merata. Harga pasta sangat murah, dan bisa dibeli di toko-toko komputer terdekat. Biasanya disebut thermal pasta.

4. Komputer/Laptop Berdebu
Jika komputer/laptop sudah berdebu maka udara di dalamnya bisa terhambat keluar, dan hardware dalam komputer/laptop bisa cepat panas karena sirkulasi udara yang terganggu. Apabila komputer/laptop sudah terlalu lama panas, lama-kelamaan tidak akan bertahan dan secara tiba-tiba akan mati sendiri.

Solusi: Bongkar komputer/laptop lalu bersihkan debu-debu dengan kuas, dan pastikan saluran udara juga bersih dari debu.

5. Mainboard Bermasalah
Jika mainboard yang sudah tidak sehat atau berumur tua ada kalanya mainboard tersebut sudah tidak bisa bertahan untuk digunakan dalam waktu yang lama, bahkan akan menyebabkan mati ketika sedang digunakan untuk pekerjaan yang berat.

Solusi: Jika perlu ganti mainboard dengan yang baru, karena apabila mainboard sudah rusak itu sangat sulit untuk bisa bekerja dengan optimal. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)