expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Kamis, 14 April 2016

8 Stereotip Orang-orang Terhadap Pecinta Kucing yang Ternyata Benar





Para pecinta/pemelihara kucing (terutaman wanita), seringkali mendapatkan cap buruk dari orang-orang. Mulai dari "crazy cat lady", "anti sosial", hingga asumsi bahwa pecinta kucing membenci orang lain, dan masih banyak lagi asosiasi negatif lainnya yang dilontarkan kepada para pecinta kucing. Disamping stereotip negatif tersebut, stereotip positif juga dilontarkan oleh orang-orang. 

Mau tahu apa saja stereotip positif yang kerap diberikan untuk para pecinta kucing yang ternyata benar? Berikut dilansir dari livestrong.com.


1. Mereka para pecinta kucing menjalani hidup dengan cara mereka sendiri


“Kucing dikenal sebagai hewan yang cukup independen, meskipun mereka membutuhkan dan menghargai perhatian, mereka cenderung untuk menyukai sesuatu dengan cara mereka sendiri,” kata Somyr Perry, seorang Dokter Hewan, “mereka datang dan pergi sesuka hati mereka dan memilih siapa saja yang ingin mereka ajak main”. Hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian di Ball State University pada tahun 2007, beberapa orang melihat bahwa pemelihara kucing sebagai orang yang angkuh dan sulit diajak bersahabat. Pada kenyataannya, pecinta kucing adalah orang-orang yang tahu apa yang mereka inginkan dan bagaimana cara mendapatkannya. Mereka tidak butuh menjadi orang yang diperlukan oleh orang lain.

2. Mereka adalah orang Introvert dan peka


Secara alami, kucing tidak perlu berteman dengan semua orang. Dan hal yang sama juga berlaku bagi pemiliknya. Banyak pecinta kucing yang hidup sendirian, namun bukan berarti mereka adalah penyendiri. Mereka adalah orang-orang yang cukup puas dengan gaya hidup mandirinya. Sebuah studi tahun 2014 dari Carroll University mendukung pernyataan ini. Para peneliti telah mensurvei 600 mahasiswa dan menemukan bahwa mereka yang menyukai kucing adalah para introvert. Orang-orang introvert bisa sangat nyaman bergaul dengan siapa saja, namun mereka butuh kesendirian untuk bersantai dan mengumpulkan tenaga.

3. Meskipun Introvert mereka berpikiran terbuka


Dalam sebuah studi pada tahun 2010 yang dipublikasikan dalam jurnal Anthrozoos, para peneliti telah mensurvei lebih dari 4.000 pemilik hewan peliharaan dengan menggunakan 5 ciri indikator kepribadian: extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism and openness. Para peneliti menemukan bahwa pecinta kucing kecenderungan memiliki nilai yang tinggi pada indikator openness (keterbukaan). Hasil penelitian tersebut berkorelasi dengan besarnya rasa ingin tahu intelektual dan kreativitas seni-nya. 

4. Mereka berpikir bahwa kucing sederajat dengan manusia


Pecinta kucing sangat menghormati kucing dan tidak tahan untuk memikirkan makhluk-makhluk cerdas itu berada di jalanan tanpa rumah. Mereka sering berupaya untuk menyelamatkan atau merehabilitasi kucing-kucing jalanan. Tidak peduli seberapa banyak kucing-kucing berada di rumah mereka, mereka tetap menganggap bahwa kucing yang berada di jalanan adalah bagian dari keluarga. Menurut data Hariss Poll tahun 2011, 91% pemilik kucing menganggap bahwa hewan peliharaan mereka adalah bagian dari keluarga, dan 60% sering atau kadang-kadang suka membelikan kucing mereka sebuah hadiah.

5. Secara politik, pecinta kucing cenderung Konservatif


Data yang dikumpulkan oleh Time.com tahun 2014 menunjukkan korelasi antara kecenderungan politik liberal dengan pecinta anjing dan kucing. Data tersebut menunjukkan bahwa pecinta kucing cenderung konservatif, sedangkan pecinta anjing cenderung liberal. Sangat sedikit pecinta kucing yang memiliki pandangan politik liberal.

6. Mereka tidak pernah meninggalkan rumah tanpa membersihkan bulu kucing terlebih dahulu


Cara grooming kucing mungkin telah sempurna, namun para pemilik kucing akan selalu memeriksa pakaian mereka sesaat sebelum meninggalkan rumah, mengecek apakah masih ada bulu kucing yang menempel. Mereka mungkin telah belajar untuk menyesuaikan warna pakaian mereka dengan warna bulu si kucing, sehingga bulu kucing yang tertinggal tidak terlihat. 

7. Pecinta kucing sangat bersyukur atas perhatian kucing kepada mereka


Beberapa penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Anthrozoos menemukan bahwa pemilik kucing sering mengandalkan hewan peliharaannya sebagai dukungan emosional mereka, dalam beberapa kasus, bahkan dapat menggantikan orang dalam jaringan sosial mereka. Kemungkinan para pemilik kucing melihat hubungan mereka dengan kucingnya sebagai twinship, yang berarti kucing memahami dan merasakan kondisi emosional yang sama dengan pemiliknya, berdasarkan studi dari Tuskegee University. Oleh karena itu, mereka akan menghargai ketika kucing mereka mau meluangkan waktu dari kesibukan grooming, tidur siang dan makan mereka hanya untuk mendengarkan masalah-masalah si pemilik.

8. Orang-orang yang mengenal mereka para pecinta kucing akan menghadiahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kucing


Para pecinta kucing pastinya memiliki pernak-pernik barang yang berhubungan dengan kucing, seperti tas berbentuk kepala kucing, mug bertuliskan "i'm cat lady", baju hangat bergambar kucing, foto kucing yang dipajang di dinding, dll. Banyak orang yang memberikan barang-barang yang berhubungan dengan kucing sebagai hadiah untuk para pecinta kucing. Rumah mereka dipenuhi dengan segala hal tentang kucing. Dan itu lah yang membuat mereka unik. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)