expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 25 September 2017

Sedang Ulang Tahun Malah Depresi? Kenali Fenomena Birthday Blues!







Apakah Anda akan berulang tahun dalam waktu dekat? Atau bahkan hari ini Anda berulang tahun? Biasanya, mendekati hari ulang tahun Anda akan merasa senang, bahagia, dan bersemangat karena ingin menyambut usia barunya. Atau, banyak juga yang merasa senang karena bisa merayakan hari spesialnya bersama orang-orang terdekat. Namun, bagaimana jika Anda tidak merasa senang di hari ulang tahun? Bukannya senang, Anda malah merasa putus asa dan sedih saat ulang tahun akan tiba. Mungkin Anda mengalami birthday blues, yang juga dikenal dengan istilah birthday depression. Apa itu birthday blues? Apakah sindrom yang berbahaya? Simak jawabannya di sini. 

Birthday blues, ketika hari bahagia jadi terasa menyedihkan

Birthday blues adalah perasaan sedih, putus asa, depresi, dan tidak bahagia menjelang atau bahkan saat hari ulang tahun tiba. Mungkin terdengar aneh, tapi faktanya, sindrom ini benar-benar terjadi dan tidak sedikit orang yang mengalaminya. Telah banyak penelitian yang melaporkan kalau birthday blues bisa saja dialami oleh semua orang.

Pada kebanyakan kasus, sindrom ini terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Menurut berbagai studi, stres serta rasa sedih saat ulang tahun tiba diakibatkan oleh rasa takut karena semakin tua. Kebanyakan dari mereka merasa cemas dengan kehidupannya di masa tua, hingga muncul rasa depresi.

Dalam penelitian lain disebutkan kalau hal ini diakibatkan oleh masalah psikologis serta sosial dari masing-masing orang. Anda mungkin merasa akan bertambah umur, tetapi impian dan target hidup Anda belum tercapai juga sampai sekarang. Hal-hal seperti ini yang kemudian menyebabkan orang mengalami birthday blues atau depresi saat ulang tahun.

Bahkan, dalam studi tersebut diketahui jika birthday blues dapat menyebabkan angka kematian yang tinggi. Hal ini dikaitkan dengan depresi yang tak kunjung teratasi sehingga mereka yang mengalami birthday blues mengalami serangan jantung atau tekanan darah tinggi. Faktanya, memang telah terbukti kalau penyakit jantung bisa disebabkan oleh stres yang tak dikelola dengan baik.




Bagaimana caranya agar tidak depresi atau sedih saat ulang tahun?

Jika Anda mengalami birthday blues, maka Anda bisa mengikuti tips berikut agar bisa menikmati hari ulang tahun dengan perasaan lebih enteng dan lega. 

  • Ingat selalu orang-orang yang menyayangi dan berharga bagi Anda, seperti pasangan, keluarga, dan kerabat dekat. Habiskan momen setahun sekali ini bersama mereka.
  • Berkumpul bersama orang lain. Jika Anda bosan atau tidak mau merayakan ulang tahun secara berlebihan, Anda bisa melakukan kegiatan sosial dan berbagi dengan orang yang membutuhkan. Kegiatan ini bisa membantu Anda menurunkan rasa stres yang dialami sekaligus membuat Anda lebih bersyukur. 
  • Pikirkan apa saja manfaat dan hal-hal kebaikan yang akan datang ketika usia Anda bertambah tua. Sebuah penelitian menyatakan kalau semakin tua, maka kemampuan Anda untuk menyelesaikan suatu masalah akan jadi lebih baik.
  • Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan rutin berolahraga, pergi ke luar rumah dan menikmati alam, atau berbagai hal yang Anda sukai.
  • Buatlah target hidup yang lebih realistis dan sesuai dengan kemampuan Anda.




Sumber:
https://hellosehat.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)