expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 12 September 2017

5 Solusi Ampuh Mengatasi Stres Pada Anak







Stres rupanya tak hanya dapat dialami oleh orang dewasa, anak kecil pun juga dapat mengalaminya. Anak kecil juga dapat mengalami stres, yang biasanya dikarenakan oleh banyaknya kegiatan yang dia lakukan di sekolah, berada dalam rumah yang penuh dengan konflik, serta memiliki masalah dalam pergaulan. 

Stres atau tekanan mental yang masih terkontrol merupakan kondisi yang tergolong normal, seperti saat anak akan menjalani ujian di sekolah atau akan menghadapi presentasi. Oleh karena itu, untuk membantu anak dalam mengatasi stres ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua, seperti berikut:

1. Mengajarkan si kecil bagaimana cara menanggulangi rasa tertekan dengan mencontohkan cara dalam memecahkan masalah dan mencari jalan keluarnya. Kemudian, latih si kecil agar ia dapat memahami bahwa membuat kesalahan adalah sesuatu yang normal dan pasti dialami dan bantu ia melatih diri bagaimana cara menyelesaikan masalah, memperbaiki hal yang sudah terlanjur dilakukan serta belajar dari pengalamannya untuk melanjutkan hidupnya. Dengan demikian, Anda dapat menghindarkan kecenderungan anak untuk melarikan diri ke banyak makan, obat-obatan terlarang dan alkohol saat beranjak dewasa nantinya.

2. Kontrol jadwal anak agar tidak berlebihan dan membuatnya merasa tidak bebas. Anak-anak sudah disibukkan dengan sekolah selama tujuh jam, ekstrakurikuler, perjalanan pulang ke rumah, mengerjakan pekerjaan rumah dan istirahat untuk mempersiapkan diri melakukan hal yang sama kembali keesokan harinya. Namun, otak dan tubuhnya tetap perlu beristirahat dan Anda perlu lebih peka terhadap hal tersebut.

3. Sisihkan waktu untuk anak bermain tanpa perlu berpikir soal persaingan dan target yang harus dicapai, terutama bagi anak yang berusia lebih dewasa. Ajak anak untuk melakukan permainan yang membutuhkan aktivitas fisik, seperti bersepeda, bermain lempar bola atau jalan kaki mendaki gunung.

4. Waktu tidur adalah prioritas. Oleh karena itu, pastikanlah si kecil mendapatkan tidur yang cukup. Hal tersebut dapat membuat anak akan lebih dapat meminimalisir rasa tertekan, memperbaiki mood dan membantu meningkatkan performanya di sekolah. Anda sebagai orang tua dapat mengontrol waktu menonton TV dan bermain alat elektronik saat tiba waktunya untuk tidur.

5. Bangun dan ciptakan suasana nyaman dan tenang di rumah. Hal tersebut dapat membuat hati atau batin anak juga ikut tenang, sehingga ia akan terhindar dari stres. 



Sumber:
https://www.merdeka.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)