expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 03 Oktober 2017

11 Benda Ini Fungsinya Jarang Kita Ketahui, Padahal Penting







Ada begitu banyak benda di sekitar kita dengan beragam fungsinya. Tapi, terkadang benda-benda itu memiliki fungsi penting yang tidak kita ketahui sebelumnya.

Terkadang kita juga sempat bertanya, untuk apa sebenarnya tambahan pada benda itu dibuat. Dan seringkali, kita mengira hanya sekadar untuk aksesoris belaka.

Penasaran benda apa saja yang dianggap sepele tapi punya fungsi penting? Berikut ulasan yang dikutip dari laman BrighSide.me.


11. Tambahan Lubang Tali di Belakang Sepatu


Tambahan ini punya beberapa fungsi. Selain memperindah tampilan, lubang tali juga digunakan untuk menambah ikatan sepatu pada kaki dan juga menjemur sepatu dengan menggantungnya di gantungan.

10. Plastik di Penutup Botol


Plastik seperti ditunjukkan oleh panah sering dijumpai pada penutup minuman bersoda. Tujuannya sudah jelas yaitu agar gas yang membuat minuman bersoda terasa khas saat diminum tidak menguap.

9. Lubang Kecil pada Gembok


Lubang kecil pada gembok punya beberapa fungsi. Pertama, lubang itu mencegah gembok agar tidak mudah lembab, karena lingkungan yang lembab akan memudahkan bagian dalam gembok yang terbuat dari besi mudah berkarat sehingga kunci akan sulit masuk.

Kedua, di musim dingin lubang ini mencegah kunci dari pembekuan. Lubang ini juga bisa diisi dengan beberapa tetes minyak oli jika mekanisme di dalam gembok mulai sulit diputar dengan kunci.

8. Lubang pada Pegangan Penyedot Debu


Lubang-lubang itu dirancang untuk mengurangi daya hisap. Ini akan membuat kita nyaman bila membersihkan tirai. Lubang-lubang ini juga akan membantu jika ada benda yang tersangkut pada sikat atau tabung.

Dengan membuka lubang, kita dengan cepat mengurangi daya isap dan melindungi penyedot debu dari kepanasan. Pembersih debu modern biasanya tidak memiliki risiko ini. Jadi lubang-lubang hanya untuk model yang lebih lama.

7. Moda Kontrol pada Jendela Plastik


Di negara dengan empat musim, rumah-rumah banyak yang memasang jendela plastik dengan mode kontrol. Jendela plastik itu memiliki mekanisme yang memungkinkan pemilik rumah mengganti mode musim panas dan musim dingin. Pemilik diingatkan untuk tidak terus mengganti mode ke musim dingin sepanjang tahun karena bisa merusak jendela dengan cepat.

6. Gerigi dan Lubang pada Meteran


Kita sering melihatnya tapi tidak pernah memperhatikan. Gerigi pada meteran digunakan untuk memberi tanda pada ukuran tanpa kita perlu menggunakan pensil atau pisau. Sementara lubang bisa digunakan untuk menancapkan paku sehingga kita tidak perlu dua orang untuk mengukur panjang sebuah benda.

5. Bagian Timbul pada Keyboard


Bagian timbul pada tombol F dan J berfungsi sebagai penanda jari telunjuk saat mengetik sepuluh jari.

4. Lubang pada Batang Chupa Chups


Pabrik membuat batang Chupa Chups berlubang dengan tujuan agar permen tidak mudah lepas.

Ketika masih dalam bentuk karamel (cairan), Chupa Chups sangat panas. Saat panas itulah, Chupa Chups bisa masuk ke dalam lubang sehingga bisa melekat erat pada batang saat sudah dingin.

3. Bagian Timbul pada Sisi Kapas Pembersih


Ternyata, tidak semua orang tahu mengapa kapas pembersih memiliki permukaan yang berbeda. Sisi timbul dimaksudkan untuk memakai makeup, sedangkan sisi halus adalah untuk membersihkan wajah dan menghilangkan makeup.

2. Pelat Logam Kecil di Bagian Bawah Stapler


Meski populer banyak yang tak memperhatikan satu bagian tersembunyi dari stapler.

Pelat logam kecil pada stapler tersebut bisa diputar 180 derajat dan berfungsi untuk melebarkan atau memperpanjang hasil dari staples.

Sangat berguna sekali jika kita ingin mengencangkan lembaran kertas untuk sementara.

1. Busa atau Bulu pada Mikrofon


Penutup dari busa dan bulu itu tidak digunakan untuk hiasan. Mereka memperlambat aliran udara dari luar sehingga suara angin ribut tidak akan masuk ke dalam mikrofon.

Untuk rekaman profesional di studio, perlindungan semacam itu membantu mengurangi suara-suara 'ledakan' saat mengucapkan kata-kata konsonan yang tentu sangat mengganggu siapa saja yang mendengarnya.



Sumber:
http://dream.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)