expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 03 Oktober 2017

5 Hal yang Kucing Tak Suka Dari Kita







Berbeda dengan binatang peliharaan lain, kucing punya kepribadian unik dengan caranya mengekspresikan apa yang mereka suka dan tidak suka. Hanya saja kita kerap tak memahaminya. Berikut lima hal yang kita lakukan yang sebenarnya tidak disukai oleh kucing. Apa saja?


1. Memaksanya bersosialisasi


Kucing terkenal dengan karakter yang mandiri. Oleh karena itu kebanyakan kucing rumah membutuhkan tempat bersembunyi dan tempat untuk memanjat dimana mereka bisa jauh dari kebisingan atau keramaian. Suara bising, kucing baru dan orang asing di rumah biasanya memicu stres pada kucing. Dalam situasi seperti itu kucing biasanya ingin bersembunyi untuk melepas stres. 

Tapi, kerap kali kita salah mengartikannya dan memaksanya menghadapi situasi seperti itu. Pemaksaan bukan cara yang positif bagi kucing untuk membangun kepercayaan dan mengatasi stres. Jadi, pastikan kita menyediakan tempat bersembunyi seperti bagian bawah sofa/tempat tidur dan tentunya tidak memaksanya bersosialisasi jika kucing enggan.

2. Perubahan rutinitas


Kucing adalah hewan yang hidup dalam rutinitas. Perubahan rutinitas sedikit saja bisa membuatnya stres, contohnya jam makan yang agak terlambat dari biasanya. Jika perubahan rutinitas tak terhindarkan, misal akan membawanya untuk check-up tahunan ke dokter hewan atau membawanya berkendara, lakukan dengan perlahan. Memberikan camilan atau elusan bisa mengurangi stresnya.

3. Dipeluk terlalu erat


Kita selalu berasumsi bahwa kucing menyukai interaksi seperti yang kita lakukan dengan sesama manusia, yaitu suka dipeluk dan memeluk, Tapi ternyata hal tesebut tak berlaku bagi kucing. Kucing umumnya tak suka dipeluk, apalagi kalau terlalu erat, meskipun ada beberapa kucing yang suka dipeluk. Coba cari tahu apakah kucingmu suka dipeluk atau tidak dengan cara memeluk mereka tapi jangan terlalu erat.

4. Tidak suka pakai baju


Gemas ya kalau melihat foto-foto kucing memakai baju di media sosial. Lucu sih, tapi faktanya kucing tidak menyukainya loh! Pada dasarnya kucing memang tidak membutuhkan pakaian, terlebih dengan perilaku alami grooming mereka. Pakaian hanya akan menyulitkan mereka untuk melakukan grooming.

5. Menghukumnya untuk perilaku yang sebetulnya normal


Mencakar sofa, merusak tanaman dengan menggali tanah, buang air sembarangan, menjatuhkan benda, dll sebenarnya adalah perilaku alamiah kucing yang kita anggap tak normal atau nakal. Mencakar misalnya, merupakan salah satu kebutuhan kucing untuk mengurangi stres. Daripada memarahi atau menghukum mereka, sediakan saja mereka tempat untuk menyalurkan perilaku alamiahnya, yaitu scratching post dan litter box yang bersih.



Sumber rangkuman:
https://petlogue.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (251) Life (215) Info (206) Kesehatan (123) Tips (120) Islam (115) animal (100) hewan (97) Wanita (72) hewan kucing (72) kucing (71) foto (60) Fakta (55) Personality (52) Kepribadian (51) Love & Life (37) Manfaat (34) Sifat (33) Hiburan (32) Misteri (28) Cat (27) Lucu (25) Pria (25) Food (24) Beauty (22) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Kisah (16) Relationship (16) Cinta (15) Hantu (14) photograph (14) Jin (13) Wisata (13) Coffee (11) Kecantikan (11) Mitos (10) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Film (7) Puasa (7) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Ilustrasi (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Phobia (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)