expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 09 Oktober 2017

Kenapa Si Puss Harus Mandi?







Pada dasarnya kucing adalah hewan yang takut dengan air dan tidak suka dimandikan, karena itu kita harus melatih Si Puss agar "terbiasa" dengan air. Tapi faktanya, Si Puss juga termasuk hewan yang bersih, karena kucing rajin menjilati tubuhnya (grooming) sendiri saat merasa ada kotoran yang menempel di bulu mereka. 

Untuk beberapa kasus, Si Puss bisa terserang penyakit karena kotoran yang menumpuk, terutama di bagian mata, telinga, dan kakinya. Oleh karena itu, sebagai owner, kita harus benar-benar memperhatikan kebersihan Si Puss.

Memandikan Si Puss adalah salah satu bentuk kasih sayang yang bisa kita berikan untuknya. Memandikan Si Puss berarti kita telah merawatnya dengan baik, apalagi untuk Si Puss yang punya bulu panjang, lebat, dan tebal. Memandikan Si Puss berguna untuk mencegah datangnya jamur, kutu, hairball serta menjaga bulunya tetap bersih, halus, dan wangi. Selain untuk kesehatan dan penampilan, memandikan Si Puss secara rutin juga akan memperkuat ikatan batin kita dengan Si Puss.

Si Puss harus "berkenalan" dengan proses mandi sejak dini, di saat usianya sudah cukup. Biasanya Si Puss sudah bisa mulai dibersihkan saat usianya lebih dari 8 minggu. Jika sudah terbiasa, maka selanjutnya proses memandikan Si Puss akan lebih mudah dan si puss biasanya akan menjadi penurut.

Berapa kali Si Puss harus dimandikan?
Kucing yang mempunyai bulu panjang dan lebat dianjurkan untuk mandi setidaknya 1 kali dalam 1 bulan. Namun, kita harus melihat juga kegiatan sehari-hari Si Puss. Jika Si Puss lebih banyak berada di luar rumah, tentunya bulu akan lebih cepat kotor daripada Si Puss yang lebih sering berada di dalam rumah. 

Sebagian Cat Lovers ada yang memandikan kucingnya 2 minggu sekali, untuk menghindari bulu yang kotor dan mengundang kutu. Biasanya kucing dimandikan di rumah. Kegiatan memandikan Si Puss juga bisa kita manfaatkan untuk menambah keakraban dengannya sekaligus jadi momen yang fun.

Jika bulunya bersih dan panjangnya sesuai, kucing akan merasa hangat dan kesehatannya akan terjaga. Selain mandi, agar proses grooming si puss lengkap, jangan lupa untuk rutin membersikan telinganya, matanya dan menyisir bulunya. Jika perlu, periksakan si Puss secara rutin ke Vet.



Sumber rangkuman:
https://www.friskies.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)