expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 10 Februari 2016

11 Cara Mengobati Sakit Kepala Tanpa Obat !!





Sakit kepala merupakan rasa sakit yang terjadi di bagian kepala yang biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti karena melewatkan makan, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dehidrasi, stres dan masih banyak lagi. Sakit kepala ada banyak jenisnya, apa sajakah itu? yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Ada beberapa jenis sakit kepala diantaranya, sakit kepala cluster, sakit kepala migrain, sakit kepala berkepanjangan, sakit kepala vertigo, dsb. Langkah pengobatan untuk setiap jenis sakit kepala sebagian ada yang berbeda. Jadi sebelum memilih obat mana yang akan anda minum, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu jenis sakit kepala mana yang saat ini anda rasakan.

Bagi anda yang saat ini sedang terserang sakit kepala, mungkin anda dapat melakukan tips untuk mengurangi dan menyebuhkan sakit kepala berikut ini :

1. Minum air putih
Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa salah satu penyebab sakit kepala adalah karena dehidrasi/kekurangan cairan pada tubuh. Dan kita pun tentu sudah mengetahui bahwa air merupakan komponen asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu, jika anda terserang sakit kepala, segeralah minum air putih. 

2. Makan kentang
Selain disebabkan oleh kekurangan cairan/dehidrasi, sakit kepala juga dapat disebabkan oleh hilangnya elektrolit seperti kalium. Nah, untuk mengatasinya tentu kita harus banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium yaitu salah satunya kentang. Sebaiknya kentang yang akan dimakan, dimasak dengan cara dibakar dengan kulitnya, atau direbus (bukan digoreng).

3. Makan pisang

Selain kaya akan potasium ternyata pisang juga kaya akan magnesium yang dapat membantu meredakan migrain. Jika sakit kepala menyerang, anda bisa segera memakan buah pisang untuk mengurangi rasa sakit pada kepala.

4. Mengompres dengan es batu
Tahukan anda, ternyata es batu juga dapat kita gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Caranya mudah, kita hanya perlu mengosok-gosokan/mengompreskan es batu yang dilapisi kain secara perlahan pada daerah kepala anda yang terasa sakit.

5. Meminum minuman yang mengandung mint

Kalau cara ini lebih cocok jika sakit kepala yang anda derita disebabkan oleh maag karena melewatkan makan sehingga perut menjadi mual dan sakit kepala. Cara terbaik untuk mengobatinya yaitu dengan mengonsumsi minuman yang mengandung mint seperti teh peppermint.

6. Minum kopi
Masih ingatkah anda dengan kalimat "sesuatu yang berlebihan itu tidak baik?" Begitu pula dengan kopi, jika kita mengonsumsi kopi dalam batas wajar (tidak lebih dari 2-3 cangkir/hari), kopi juga bisa jadi solusi saat anda mengalami sakit kepala. Karena kandungan kafein dalam kopi 40% lebih efektif daripada minum obat.

7. Melakukan stretching
Stretching merupakan gerakan peregangan (senam). Sakit kepala juga dapat disebabkan oleh otot-otot yang tegang, jadi jika anda sakit kepala, cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan senam, atau bisa juga dengan melakukan yoga.

8. Tidur / Berbaring di tempat yang minim cahaya (gelap)
Terkadang tidur dapat membantu mengatasi sakit kepala terutama sakit kepala sebelah (migrain). Anda tinggal mencari tempat yang dianggap tenang untuk berbaring dan matikan lampu. Rilekskan pikiran anda ketika berbaring agar peredaran darah kembali normal/lancar.

9. Membuat kompresan dari biji alpukat
Jika penyebab sakit kepala anda disebabkan oleh demam, anda bisa membuat pengompres alami dari biji alpukat. Caranya sediakan 2 biji buah alpukat kemudian parut. Setelah itu campur dengan sedikit air, kemudian tempel di dahi selama kurang lebih 1-2 jam.

10. Memijat
Pijat pada titik pusat saraf (di bawah bibir dekat dagu), di bagian pai hui (atas tengah kepala), dan tri pemanas (kening atas sebelah kanan dan kiri). Pijat juga pada titik kulit otak, kelenjar pituatri, dan kelenjar endoktrin yang kesemuanya terletak pada sekitar lubang telinga bagian bawah. Lakukan pemijatan sekitar 5 menit di setiap titik. 

11. Menutup lubang hidung sebelah kanan
Jika anda sering menderita sakit kepala, cobalah terapi dengan menutup lubang hidung sebelah kanan, lalu bernafaslah hanya melalui lubang hidung sebelah kiri. Lakukan hal tersebut selama 5 menit atau sampai sakit kepala mereda.



Sumber: 
Berbagai Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)