expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 17 Juli 2017

7 Penyebab Diare Pada Kucing







Diare pada kucing merupakan suatu kondisi dimana tinja kucing berair atau mencri.

Diare kucing bisa disebabkan oleh banyak hal seperti kondisi kesehatan atau penyakit serta reaksi terhadap obat atau makanan.

Bila kucing kesayangan Anda mengalami diare, segera datangi dokter hewan untuk memeriksakan kondisi sekaligus untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Untuk menghindari diare semakin parah, perlu untuk diketahui makanan apa saja yang mungkin memicu diare pada kucing .

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab diare pada kucing:

1. Produk Susu
Kucing merupakan hewan yang intoleran terhadap laktosa. Artinya, kucing tidak memiliki kemampuan untuk mencerna produk susu.

Karena itu, ketika kucing mengonsumsi produk susu maka mereka akan mengalami diare. Produk susu termasuk diantaranya adalah susu, keju, krim, yogurt, dan es krim.

2. Makanan Baru
Memberikan kucing makanan yang berbeda dari biasanya bisa menyebabkan diare.

Penyebab umum diare pada kucing yang berhubungan dengan makanan adalah mengganti secara tiba-tiba makanan lama dengan jenis baru.

3. Sayuran
Sayuran atau buah-buahan yang belum dicuci bisa jadi mengandung bakteri atau parasit yang dapat menimbulkan diare pada kucing.

Hampir semua sayuran bisa diberikan sebagai makanan pada kucing kecuali bawang. Kucing akan lebih mudah mencerna sayuran sebagai makanan apabila dikukus terlebih dahulu sebelum disajikan.

4. Minum Air Sembarang
Membiarkan kucing minum di tempat baru atau diluar rumah dapat memicu gangguan pencernaan dan menyebabkan diare.

Bila terpaksa membawa kucing ke tempat yang baru, sebaiknya sediakan air yang sudah difiltrasi untuk minum kucing.

5. Sumsum Tulang
Beberapa kucing suka makan sumsum dari tulang ayam atau tulang sapi.

Sumsum tulang memang memberikan banyak nutrisi untuk kucing, tapi bila dikonsumsi dalam jumlah besar bisa menyebabkan diare.

6. Mangsa Buruan
Kucing seringkali berburu di luar rumah dan memakan mangsa hasil buruannya. Hewan pengerat, burung, kadal, dan mangsa liar lainnya sering menjadi penyebab diare pada kucing.

7. Makanan Sisa
Makanan sampah, makanan sisa, atau makanan busuk sering menjadi penyebab diare pada kucing.


Cara Mengobatinya:

1. Yogurt (hanya saat mencret)
Cobalah beri dia Yogurt, kenapa? Karena dalam Yogurt tergantung bakteri baik yaitu Lactobacillus, dimana masuk kategori non patagon. Menurut ahli kesehatan, bakteri ini baik untuk usus dan membantu pencernaan dalam tubuh. Pilih Yogurt yang nonlaktosa atau yang kadar laktosanya rendah ya! Berikan 1-2 sendok teh saja beberapa hari sekali.

2. Oralit khusus hewan
Ada juga oralit khusus hewan lho, oralit ini biasanya sudah tersedia di Pet Shop dekat Anda. Coba lah pergi dan tanya kepada penjualnya, kemudian tanyakan juga saran penggunaan obatnya.

3. Multivitamin
Anda bisa membeli multivitamin khusus kucing di Pet Shop. Dalam mengobati kucing mencri, multivitamin juga bisa untuk pencegah.

4. Memberi obat cacing
Coba berikan obat cacing untuk si kucing, bisa saja kucing Anda terkena cacingan. Karena cacing juga bisa menyebabkan diare pada si kucing.

5. Memberikan tempe
Ternyata tempe bisa mengobati penyakit diare pada kucing lho. Cukup dengan direbus kemudian berikan pada kucing Anda yang sedang terganggu pencernaannya.



Sumber:
https://www.amazine.co


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (251) Life (215) Info (206) Kesehatan (123) Tips (120) Islam (115) animal (100) hewan (97) Wanita (72) hewan kucing (72) kucing (71) foto (60) Fakta (55) Personality (52) Kepribadian (51) Love & Life (37) Manfaat (34) Sifat (33) Hiburan (32) Misteri (28) Cat (27) Lucu (25) Pria (25) Food (24) Beauty (22) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Kisah (16) Relationship (16) Cinta (15) Hantu (14) photograph (14) Jin (13) Wisata (13) Coffee (11) Kecantikan (11) Mitos (10) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Film (7) Puasa (7) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Ilustrasi (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Phobia (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)