expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 22 April 2015

Kucing, Toksoplasma dan Wanita


Toksoplasmosis disebabkan oleh bakteri toksoplasma gondii. Umumnya tidak terlalu berbahaya, akan tetapi bagi bayi jika terkena maka akan berbahaya dan bisa menyebabkan pernyakit. Salah satunya adalah penyakit hidrocephalus (cairan otak tersumbat sehingga kepala akan membesar).

Memang benar, bisa dibilang penularan toksoplasma melalui kontak langsung dengan kucing resikonya kecil. Karena tidak semua kucing membawa bakteri ini. Manusia tertular bakteri toksoplasma ini melalui daging yang dimasak setengah matang atau mentah, juga melalui sayuran mentah yang tidak dicuci bersih. Toksoplasma juga bisa menular melalui tangan yang kotor setelah menyentuh kotoran hewan yang terkena toksoplasma seperti anjing, kucing, burung, dll. Penularannya melalui tangan yang secara tidak sadar menyentuh muka, telinga dan mulut.

Oleh karena itu tidak perlu takut memelihara atau menyayangi kucing asal dapat menjaga kebersihan dan kesehatannya dengan baik.

Bagi wanita hamil memang berisiko terhadap janinnya. Mungkin bagi sang ibu penyakit ini tidak terlalu parah, akan tetapi bisa berisiko besar terhadap janin atau si bayi. Maka jika sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil lebih baik bagi anda untuk menjauhi kucing sementara agar lebih aman. 

Tetapi jika anda masih ingin memelihara kucing, maka sebaiknya anda benar-benar harus menjaga kesehatan, kebersihan dan daya tahan tubuh anda dan si kucing. Berikut tips aman bagi ibu hamil yang memelihara kucing:
  • Latihlah kucing anda agar buang kotoran di tempat yang disediakan dan segera buang kotoran tersebut. Gunakan sarung tangan dan segera cuci tangan dengan sabun kesehatan setelah menanganinya.
  • Sebaiknya beri makanan sendiri, jangan biarkan kucing mencari makanan yang kotor dan tidak jelas di luar rumah.
  • Jauhkan kucing dari dapur dan meja makan anda.
  • Segeralah mencuci tangan setelah memegang dan bermain dengan kucing.
  • Sebaiknya kucing mempunyai area sendiri agar tidak berhubungan langsung dengan area anda biasa istirahat. Seperti belakang rumah atau kebun. 

Memelihara kucing memang mubah, bukan haram atau makruh hukumnya. Bahkan ada penegasan bahwa kucing bukan najis

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ
“Kucing tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita.” (HR. At Tirmidzi, shahih)


Oleh: dr. Raehanul Bahraen
Sumber artikel: http://kesehatanmuslim.com
Gambar: http://thecatzblog.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)