expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sabtu, 19 Maret 2016

Jenis Makanan Sesuai Golongan Darah





Menjaga pola makanan sesuai dengan jenis golongan darah dapat menstabilkan kesehatan dalam tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi makanan yang sesuai dengan golongan darahnya juga dapat menghindari berbagai macam penyakit berbahaya dalam tubuh.

Hubungan antara makanan dengan golongan darah pertama kali dikemukakan oleh Dr. Peter J. D’Adamo dalam bukunya "Eat Right For Your Type". Dari sinilah timbul beberapa pendapat mengenai makanan untuk jenis golongan darah.

Makanan yang baik sesuai golongan darah secara keseluruhan, merupakan rekomendasi tips menjaga berat badan dengan mempertimbangkan kerentanan terhadap beberapa penyakit, sehingga mengupayakan agar jauh dari risiko yang memungkinkan terjadi bila salah dalam melaksanakannya.

Berikut makanan sesuai golongan darah yang baik untuk dikonsumsi.

1. Golongan Darah A
Pemilik golongan darah A umumnya memiliki tubuh yang ramping. Health Care Ministry International melaporkan kalau orang-orang dengan golongan darah A punya sistem pencernaan yang sensitif. Kadar asam lambung rendah tetapi menghasilkan lendir yang cukup tinggi. Mereka juga rentan infeksi, penyakit kardiovaskular, kanker, sampai diabetes.

D'Adamo mengatakan, sayur-sayuran atau vegetarian adalah jenis makanan yang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah A, mengapa demikian? Ya, karena mereka yang mempunyai golongan darah A tidak memiliki asam lambung yang cukup untuk mencerna daging. Diet protein nabati dengan kacang, kedelai, legumes, dan karbohidrat kompleks merupakan jenis makanan yang baik buat mereka dengan golongan darah A.

lebih dianjurkan menjadi vegetarian, yaitu memakan produk kacang kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, beras, sayur-sayuran, buah-buahan dan porsi kecil untuk ikan laut.

2. Golongan Darah B
Ternyata golongan darah B termsasuk golongan darah yang sering dijumpai dan bisa dikatakan golongan darah yang sangat universal. Fakta lain dari golongan darah B ini adalah tidak gampang terserang oleh penyakit jika dibandingkan dengan golongan darah yang lainnya.

Mungkin hal ini disebabkan oleh orang dengan golongan darah B mempunyai tingkat antibodi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan golongan darah yang lain.

Selain itu orang yang memiliki golongan darah B sangat dimudahkan dalam menjalani dietnya. Dikarenakan tidak banyak memiliki pantangan yang harus dilakukan.

Jenis makanan seperti gandum, jagung, lentil, kacang tanah, tomat dan biji wijen adalah makanan yang bisa mempengaruhi metabolisme dan juga bisa menimbulkan rasa lelah serta retensi cairan. sebaiknya mereka yang mempunyai golongan darah B menghindari konsumsi ayam, karena mempunyai lektin dalam jaringan otot yang dapat menimbulkan reaksi kurang baik terhadap golongan darah mereka. Saran dari Adamo ialah konsumsilah banyak sayuran dan pilihlah beberapa jenis daging yang lain seperti daging rusa dan daging kambing.

Tidak seperti golongan darah O dan A, tipe B akan sehat dengan mengonsumsi produk susu. Tapi akan terganggu jika terlalu banyak makan biji-bijian, beras, kacang-kacangan, karena itu menu tipe B harus sangat bervariasi.

3. Golongan Darah AB
Golongan darah AB merupakan salah satu golongan darah pada manusia yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Orang yang mempunyai golongan darah AB harus menjaga asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Ada beberapa makanan sehat golongan darah AB yang sangat dianjurkan dan ada pula yang harus dihindari. 

Golongan darah ini adalah golongan darah campuran gen dan jenis makanan yang paling cocok untuk golongan darah AB adalah konsumsi dari campuran makanan laut, sayuran dan gandum. Adamo menjelaskan, mereka yang mempunyai golongan darah AB memiliki kadar asam lambung yang kurang untuk mencerna daging, namun mereka bisa mengonsumsi ikan. Menurut Adamo, mereka yang mempunyai golongan darah AB sangat tepat bila mengonsumsi sayuran hijau, susu yang rendah lemak dan ikan laut.

Menu anda tambah komplex, karena berupa kombinasi antara tipe A dan tipe B. meskipun gol AB bisa mengonsumsi semua makanan dari tipe A dan B, tetapi harus membatasi. Jadi tipe AB harus seimbang dalam memakan sayur-sayuran, daging dan produk susu.

4. Golongan Darah O
Jika dilihat dari jenis makanan, orang yang mempunyai golongan darah O sangat cocok bila mengonsumsi daging yang sangat kaya dengan protein. Jika dibandingkan dengan golongan darah lainnya, orang yang memiliki golongan darah O mempunyai lebih banyak asam lambung, hal ini yang membuat mereka lebih cocok dalam mencerna daging.

Sel darah merah di golongan darah O positif tidak memiliki karbohidrat antigen seperti tipe golongan darah A, B, dan AB, tetapi memiliki antigen tipe Rhesus. Orang yang berjenis darah O mempunyai karakteristik tubuh seperti berikut:
  • Secara fisik terbukti kuat
  • Memiliki masalah pada berat badan
  • Sering mengalami kelelahan
  • Berisiko pada tekanan darah tinggi dan kolesterol
  • Gangguan lambung yang disebabkan oleh tingginya kadar asam lambung
  • Menderita masalah pencernaan
  • Sistem kekebalan tubuh yang kuat, terkadang sangat kebal dari penyakit
  • Tidak siap akan kondisi lingkungan dan jenis makanan baru
  • Rentan terhadap radang sendi dan jenis peradangan lain

Maka akan sangat prima jika mengonsumsi makanan protein tinggi seperti daging sapi, unggas, ikan dan aneka ragam buah-buahan dan sayur-sayuran. Tetapi jangan lupa beras, biji-bijian, kacang-kacangan dan produk susu tidak cocok untuk kesehatan golongan darah O.



Berbagai Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)