expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Minggu, 20 Maret 2016

Mengapa Kucing Suka Duduk Di Tempat yang Tinggi? Ini Alasannya!





Untuk bertahan hidup di alam liar, hewan terus belajar bagaimana cara terbaik untuk beradaptasi dengan lingkungan mereka. Ketika hewan dipelihara, banyak dari sifat pertahanan (bertahan hidup) yang mereka punya, kita temukan sebagai sesuatu yang lucu atau justru malah mengkhawatirkan.

Satu hal yang banyak pemilik kucing perhatikan adalah bahwa kucing mereka sering nampak tertarik bertengger di tempat yang tinggi. Ini bisa menjadi lucu dan sangat menggemaskan melihat dia dari ketinggian. Tapi juga mengkhawatirkan, karena takut terjadi apa-apa terhadap kucing kesayangan kita. Tenang saja, karena ternyata justru tempat tertinggi lah tempat yang aman dan nyaman bagi seekor kucing. Mengapa demikian? Berikut penjelasan Dr. Wailani Sung dari situs Vetstreet.com yang dilansir dari care2.com.

Ketinggian Setara Keamanan
Mengapa begitu banyak kucing yang suka mengawasi wilayah mereka dari tempat yang tinggi? Untuk menjawab pertanyaan ini, penting untuk memahami bahwa kucing adalah predator sekaligus mangsa. Mereka adalah predator bagi mangsa yang lebih kecil, seperti kelinci, tikus dan burung kecil. Namun, mereka juga mangsa bagi predator yang lebih besar, seperti burung hantu, elang dan anjing. Tinggal di tempat yang lebih tinggi memungkinkan mereka lebih bisa mempertahankan dirinya dari serangan. Sekaligus bisa mengawasi mangsa buruannya. Ini seperti probabilitas peningkatan kelangsungan hidup. 

Di lokasi yang tinggi, kucing menemukan sudut pandang yang lebih baik untuk menemukan mangsa dan mengetahui keberadaan predator. Jika kucing naik ke cabang-cabang pohon misal, dia bisa menghindari karnivora mamalia yang lebih besar, seperti anjing, yang tidak bisa memanjat pohon. Kucing juga suka tidur di tempat-tempat yang tinggi guna meminimalis risiko diburu atau terkejut. Kucing yang bersembunyi di pohon juga mengambil keuntungan dari daun dan ranting-ranting yang menyediakan kamuflase yang sempurna untuk melindungi kucing dari predator terbang. Oleh karena itu, kucing yang memperlihatkan kecenderungan untuk duduk di tempat yang lebih tinggi, biasanya lebih bisa untuk mempertahankan hidupnya.

"Beri aku sedikit ruang"
kucing dewasa menggunakan kemampuan memanjat mereka untuk menghindari interaksi konfrontatif dengan anggota lain dari spesies mereka sendiri. Queens (ibu kucing) juga dapat melakukan hal ini untuk menghindari anak kucing mereka, terutama selama penyapihan. Mengapa kucing rumahan yang dimanjakan sekalipun, tetap ingin berada di tempat yang tinggi? Ada faktor lain yang mungkin mendorong perilaku ini pada kucing Anda. Ini mungkin tergantung pada seberapa tenang rumah Anda. kucing sangat ingin mengawasi lingkungan dan ingin meningkatkan kemungkinan bahwa dia tidak akan terganggu. 

Misalnya, beberapa kucing telah belajar untuk berada di atas kulkas karena disitu merupakan daerah yang jarang terjadi interaksi tetapi visibilitas tinggi, dan tentu saja karena di atas kulkas adalah tempat yang hangat. Dalam kasus tertentu, mungkin juga bisa menjadi tempat aman untuk bersembunyi atau melarikan diri jika tempat rendah seperti bawah sofa atau kolong kasur tidak tersedia. Bahkan ketika dia sedang tidak takut, kucing Anda dapat belajar untuk mengasosiasikan tempat tinggi seperti kulkas, bagian atas rak buku, lemari TV adalah tempat yang aman, tenang dan nyaman bagi mereka. Jadi, lain kali jika anda mencari-cari kucing anda tetapi tidak menemukan mereka, cobalah untuk mencari mereka ditempat-tempat yang tinggi seperti di atas kulkas, di atas lemari baju/tv dan juga rak buku, jika anda tidak memiliki tempat rendah yang aman. 


                                                 

1 komentar:

  1. Keseimbangan kucing memang cukup bagus, itulah mengapa banyak yang menyebutkan jika Kucing adalah predator yang sangat hebat.

    BalasHapus

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)