expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 19 September 2016

8 Cara Alami Menyeimbangkan Hormon





Hormon memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh manusia, bukan hanya berhubungan dengan seks saja melainkan berhubungan dengan seluruh aspek hidup seseorang. Maka dari itu sangat penting sekali untuk kita menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh untuk menjaga kesejahteraan fisik dalam hidup. Karena dengan kondisi hormon yang tidak seimbang dapat memicu berbagai efek samping yang akan terjadi diantaranya seperti tumbuh jerawat, menstruasi menjadi tidak teratur, stres dan lain sebagainya.

Adapun perubahan hormon itu sendiri dapat disebabkan oleh perubahan ostrogen yang sering terjadi pada wanita dibanding pria. Selain disebabkan oleh perubahan esterogen juga bisa disebabkan oleh faktor usia, pola makan yang tidak sehat, stres, kurang tidur dan masih banyak lagi. Salah satunya untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. 

Berikut adalah delapan langkah-langkah spesifik yang dapat Anda ambil untuk mengatur hormon tubuh Anda secara alami.

1. Berjemur sinar Matahari secara rutin


Setelah terpapar dengan sinar Matahari, kulit akan memproduksi vitamin D atau menyerapnya dari makanan tertentu, seperti daging ikan yang berlemak atau minyak ikan. Vitamin D bukanlah hormon, tetapi merupakan pro-hormon yang harus diubah oleh tubuh menjadi hormon. Vitamin D mengurangi risiko timbulnya penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Maka berjemurlah sinar Matahari namun tidak boleh terlalu lama karena akan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

2. Berjalan-jalan menikmati alam terbuka


Dari sudut pandang keseimbangan hormon, latihan fisik yang terlalu berat malah berbahaya daripada bermanfaat, maka lakukan latihan fisik yang ringan, seperti berjalan kaki, berenang, atau melompat-lompat di atas trampolin.

Dengan berjalan-jalan menikmati alam terbuka akan menyegarkan pikiran yang berguna untuk menyeimbangkan hormon. Peneliti telah membuktikan bahwa berjalan-jalan menikmati alam terbuka akan menurunkan kadar kortisol, namun tidak menurunkan tekanan darah.

3. Batasi asupan kafein


Tidak masalah jika Anda hanya minum secangkir kopi setiap pagi. Namun bila Anda minum beberapa cangkir kopi dalam sehari, maka akan memperburuk kadar estrogen Anda, pendapat ini berdasarkan hasil penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition.

Asupan kafein yang tinggi akan dapat menurunkan atau meningkatkan kadar estrogen, tergantung pada kondisi kesehatan Anda. Untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengatur keseimbangan hormon secara alami, maka hindarilah asupan kopi, soda, dan sumber kafein lainnya.

4. Makan Sayuran


Sayuran adalah salah satu sumber nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Selain itu sayur juga memiliki manfaat sebagai penyeimbang hormon seseorang. sehingga bagi orang yang gemar makan sayuran akan terhindar dari munculnya jerawat, tidak mudah stres dan menstruasi menjadi lebih teratur. Adapun jenis sayuran yang dapat menyeimbangkan hormon adalah bayam, kol, mentimun dan masih banyak lagi lainnya.

5. Harus cukup tidur


Tidur yang cukup akan menambah energi, menurunkan risiko menderita penyakit tertentu, dan memegang peranan penting untuk keseimbangan hormon. Karena tidur yang cukup secara langsung memengaruhi sistem hormon dan sistem kekebalan tubuh, maka pastikan Anda cukup tidur setiap malam.

Kamar tidur Anda harus segelap mungkin, gunakan penutup telinga untuk mengurangi terdengarnya bunyi yang mengganggu, dan suhu ruangan yang sejuk. Hindari untuk bekerja di depan layar komputer atau menonton televisi sebelum tidur untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk beristirahat.

6. Kurangi timbulnya stres


Stres adalah berbahaya untuk kesehatan tubuh melalui berbagai cara. Salah satu masalah terbesar yang ditimbulkan oleh stres adalah terganggunya siklus hormon yang normal. Lihatlah gaya hidup Anda saat ini: Adakah stres yang dapat menghancurkan hidup Anda? Bagaimana Anda menetralkan kepanikan yang terjadi?

Jika tidak ada cara untuk mengubah faktor penyebab stres, teknik meditasi apa atau pola istirahat yang bagaimana yang membuat Anda berdamai dengan stres? Terserah dengan apa yang Anda lakukan, yang terpenting Anda menemukan cara untuk mengurangi keparahan stres, maka hal ini akan menguntungkan untuk Anda sendiri serta kesehatan Anda.

7. Konsumsi lebih banyak asam lemak omega-3


Jika Anda belum tahu apa itu omega-3, maka yang harus Anda ketahui omega-3 adalah asam lemak esensial yang membuat hormon lebih mudah melekat pada sel. Anda dapat makan makanan yang mengandung banyak omega-3 yaitu flaxeed, walnut, sardin, salmon, kubis Brussel dan lainnya.

8. Olahraga


Cara sehat menyeimbangkan hormon wanita selanjutnya adalah dengan cara melakukan olahraga. Karena dengan melakukan olahraga dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kortisol. Selain itu dengan melakukan olahraga teratur juga bermanfaat untuk memicu pelepasan bahan kimia otak yang dapat meningkatkan suasana hati. Adapun jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menyeimbangkan hormon adalah berenang, yoga, berjalan santai, dan jogging. Semua jenis olahraga tersebut merupakan latihan relaksasi untuk merangsang fungsi hormon dan mengurangi stres.



Sumber:
http://disehat.com
http://erabaru.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)