expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 08 Maret 2016

9 Hal yang Dapat Kita Pelajari Dari Hewan





Pelajaran tidak hanya bisa kita dapatkan di lingkungan masyarakat atau sekolah saja, namun ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil darimana saja bahkan dari seekor hewan. Meskipun hewan tidak memiliki kecerdasan yang sama dengan manusia tapi ternyata mereka memiliki banyak hal yang bisa kita contoh. Berikut ini adalah 9 hal positif yang bisa kita pelajari dari berbagai hewan.

9. Bekerja sama


Pernah melihat kerumunan semut yang membawa makanan menuju sarang mereka? Para semut tersebut saling bekerja sama untuk membawa makanan yang ukurannya jauh lebih besar dari tubuh mereka. Para semut sadar apabila hal tersebut dilakukan sendiri maka tidak mungkin mereka akan bisa bertahan hidup. Karena dengan bekerja sama akan lebih meringankan beban mereka. 

8. Akur


Sebenarnya dalam hal ini manusia lebih mengerti dari hewan, karena manusia dilahirkan mempunyai akal dan pikiran. Jika hewan saja bisa akur dengan hewan lain, kenapa manusia terhadap manusia lainnya lebih mengutamakan pertikaian? 

7. Mempunyai naluri dan hati nurani


Manusia terkadang tak punya naluri seperti yang dimiliki oleh seekor hewan. Ada banyak ibu di dunia ini yang memperlakukan anak-anak mereka secara kejam seperti tak punya hati nurani. Walaupun hewan tidak pernah sekolah dan selalu di cap buas oleh manusia, tapi mereka tak pernah memperlakukan anak-anak mereka dengan kasar. Bahkan mungkin kasih sayang ibu hewan terhadap anaknya, melebihi kasih sayang ibu manusia terhadap anaknya.

6. Cinta tanpa syarat


Hewan tidak memiliki syarat khusus dalam mencintai sesuatu. Hewan juga tidak memandang suku agama dan ras untuk mencintai. Lalu kita sebagai manusia kenapa harus menyayangi seseorang dengan melihat dulu latar belakang orang tersebut? Tidak malu kah kita kepada hewan yang mencintai kepada sesama tanpa syarat apapun?

5. Tidak pantang menyerah


Pada suatu saat ikan salmon akan kembali ke tempat asal mereka lahir untuk bertelur. Untuk melakukan hal tersebut mereka harus melalui perjalanan sulit yang salah satunya adalah melawan arus air sungai. Demi bertelur, ikan salmon ini rela mengorbankan nyawa mereka. Pelajaran pantang menyerah yang dimiliki oleh ikan salmon inilah yang harusnya dimiliki oleh manusia. Seharusnya manusia jangan pernah menyerah dalam hidup walau banyak rintangan menghadang.

4. Belas kasihan


Manusia berpikir dunia hewan merupakan dunia yang kejam dimana berlaku peraturan siapa yang kuat maka dia yang dapat bertahan hidup. Memang hal tersebut benar adanya, tapi ternyata beberapa hewan juga memiliki perasaaan belas kasihan kepada hewan lain bahkan yang berbeda jenis sekalipun.

3. Sabar


Siapa yang menyangka seekor hewan bisa memiliki rasa sabar. Pelajaran simple dari hewan tersebut terkadang selalu kita lupakan. Kita lupa bahwa dalam menjalani hidup ini, diperlukan kesabaran jika kita menginginkan sesuatu. Jika hewan saja bisa bersabar dalam meraih sesuatu, kenapa kita sebagai manusia tidak bisa melakukan hal yang sama.

2. Tanggung jawab


Tidak semua manusia mengerti akan tanggung jawab mereka, namun hal tersebut tidak berlaku di dunia hewan. Mereka secara mengagumkan mengetahui apa saja tanggung jawab yang mereka emban demi keluarga mereka. Pelajaran dalam menjalani hidup seperti itu yang seharusnya bisa dicontoh oleh manusia.

1. Menikmati hidup


Manusia terkadang tidak bisa santai dalam menjalani hidup ini serta selalu memikirkan uang dan jabatan, sehingga tidak mampu beristirahat dengan tenang. Manusia ibarat robot bagi manusia lainnya. Dan manusia juga selalu terburu-buru dalam melakukan pekerjaannya. Lihatlah hewan. Mereka tidak pernah ngoyo meraih apa yang diinginkannya. Pelan-pelan namun pasti. Mereka tahu betul bagaimana menikmati hidup. Sebagai manusia ada kalanya kita berhenti sejenak dari aktivitas dunia yang menyibukkan, menikmati waktu dan sehat yang Allah berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)