expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 04 Oktober 2016

12 Fakta Seputar Hewan yang Unik dan Jarang Diketahui



Spesies hewan sangat beragam. Karena teramat banyak, mungkin kita hanya mengenal dekat beberapa jenis hewan saja sementara pengetahuan akan spesies yang lain hanya sekilas. Dibalik beragamnya jenis hewan, ternyata beberapa spesies hewan memiliki perilaku dan kemampuan tidak biasa yang sangat menarik untuk diketahui.

Ada beberapa fakta unik sekaligus tragis seputar hewan yang mungkin belum kita ketahui. Berikut beberapa faktanya yang dilansir dari tipsiana.com.


1. Beruang mampu mencium bau hingga jarak 30 km


Dengan kemampuannya tersebut, ia bisa mencari mangsanya berdasarkan bau. Tak tanggung-tanggung, ia mampu mencium bau hingga jarak 30 km. 

2. Anjing tidak bisa menonton televisi


Manusia dan anjing melihat benda dengan cara yang berbeda, dan TV dikembangkan untuk mata manusia. TV sebenarnya berkedip berkali-kali dalam satu detik. Hal ini baik bagi kita karena kita tidak bisa mendeteksi kedipan itu. Namun, anjing mempunyai kemampuan lebih baik dalam mendeteksi kedipan sehingga gambar di TV yang mereka terima menjadi gambar bercahaya yang sangat menggangu. 

Jadi mengapa anjing terlihat betah menonton bersama manusia? Ternyata mereka hanya pura-pura! Mereka seolah senang menonton televisi hanya untuk menemani dan agar bisa selalu dekat dengan manusia.

3. Blobfish tidak punya otot


Ikan blobfish sama sekali tidak memiliki jaringan otot dan karenanya tubuhnya tidak bertekanan. Ini membuat ikan tersebut mirip sebuah tumpukan agar-agar merah jambu. Karena tidak memiliki otot, ikan ini tidak punya cukup kekuatan untuk mencari makan, mereka hanya mampu membuka mulut dan menunggu makanan masuk kedalam mulutnya. 

4. Ada sejenis Belalang yang mampu tidur selama 17 tahun


Ada jenis Belalang yang bisa tidur selama 17 tahun di bawah permukaan tanah dengan hanya sesekali bangun untuk memakan akar pohon. Peneliti dikagetkan dengan kemunculan spesies belalang yang tak pernah muncul sejak tahun 1996. Setelah 17 tahun, pada musim panas tahun 2013, tiba-tiba muncul miliaran Magicicada septendec, sejenis belalang terbesar asli dari AS, keluar dari tanah untuk mencari pasangan. Dua atau tiga minggu kemudian mereka mati. 

5. Zebra tidak bisa tidur sendirian


Saat tidak sedang mencari makan atau bepergian, zebra menyempatkan diri untuk tidur. Yang menyedihkan, di alam liar zebra hanya bisa tidur bila berada dalam kelompok agar mereka dapat mengetahui tanda bahaya dengan cepat. Tanpa teman, zebra akan terus begadang karena takut.

6. Lemur menandai wilayahnya dengan kotoran


Kita pasti pernah melihat seekor kucing menandai wilayah kekuasaan mereka dengan mengencingi titik tertentu daerahnya. Bau pipis kucing jantan sungguh luar biasa. Nah, si lemur juga seperti kucing, bedanya ia menandai wilayahnya dengan menyebarkan fesesnya kemana-mana. Baunya jangan ditanya.

7. Tikus dapat merasakan kesedihan tikus lain


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tikus ternyata dapat merasakan kesakitan dan kesedihan tikus lain. Ini menjadi bukti bahwa rasa empati pada hewan mamalia benar-benar nyata. Ilmuan juga membuktikan bahwa tikus dan manusia bisa saling berbagi emosi. Nah, bila Anda butuh teman curhat, sekarang Anda tinggal mencari seekor tikus di rumah Anda.

8. Gorila bisa tertular flu manusia


Bila Anda sedang flu jangan mengunjungi kebun binatang. Bisa-bisa gorila yang ada disana ikut tertular flu yang sedang Anda derita.

9. Burung Gagak tidak bisa melupakan wajah manusia


Ingatan gagak sungguh luar biasa, sampai-sampai gagak takkan pernah bisa melupakan wajah orang yang dilihatnya. Si burung gagak dapat mengingat wajah, misalnya Anda menyakitinya, maka gagak akan ingat wajah Anda sampai kapanpun dan akan memperingatkan ke burung gagak lain bahwa Anda berbahaya.

10. Mata Siput akan selalu tumbuh kembali jika dipotong


Don't try this at home! Bila mata siput terpotong, maka perlahan akan tumbuh kembali seperti semula. Mohon jangan beritahukan pengetahuan ini kepada Anak-anak Anda sebelum mereka dewasa, agar tak terjadi pelanggaran HAW (Hak Asasi Hewan) akibat rasa penasaran. 

11. Jika Lebah mendapat upah minimum, sebotol madu akan berharga 2,37 milyar Rupiah


Terdengar gila? tidak juga. Untuk menghasilkan 1 kg madu, lebah harus terbang 90 ribu hingga 180 ribu kali mengunjungi bunga. Jika satu kali penerbangan berjarak 3 kilometer, maka total perjalanan lebah bisa mencapai tujuh kali keliling bumi. Fakta yang sangat istimewa tentang perjuangan seekor lebah demi setetes madu. Dan syukurlah mereka belum pernah menuntut gajinya kepada manusia.

12. Jerapah hanya tidur 2 jam semalam


Mimpi terburuk dari segala mimpi buruk adalah gaya hidup si jerapah yang cuma bisa tidur 2 jam dalam sehari. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Lifestyle (267) Life (230) Info (221) Kesehatan (130) Tips (126) Islam (118) animal (105) hewan (102) Wanita (81) hewan kucing (77) kucing (76) Kepribadian (62) foto (61) Personality (58) Fakta (57) Love & Life (45) Sifat (35) Manfaat (33) Cat (32) Hiburan (32) Pria (30) Misteri (28) Lucu (27) Food (24) Beauty (23) Konspirasi (20) Cerita (19) News (19) Parenting (19) Relationship (18) Kisah (17) Cinta (16) photograph (15) Hantu (14) Jin (13) Kecantikan (13) Wisata (13) Coffee (11) Mitos (10) Film (9) Ramadan (9) Tempat liburan (9) Hobby (8) anjing (8) Puasa (7) Ilustrasi (6) Ngakak (6) Palestina (6) Seram (6) Olahraga (5) Phobia (4) Zodiak (4) Pernikahan (3) Buku (2) Cerpen (2) Liburan (2) Smartphone (2) Anime (1) DIY (1) Happy (1) Hutan (1) Meme (1) Rahasia (1) Sains (1) Sukses (1) Unik (1)